Ya Allah Beri Aku Sabar yang Lebih!

Malam ini sulung minta ijin lagi untuk keluar malam, masih bagus sih minta ijin , tapi.... Sejak selesai UN SMA bisa dihitung dengan jari berapa kali dia ada dirumah. Selalu keluar malam, pulang pagi , selalu ada seribu alasan yang dia sampaikan, dari latihanlah, ngetake musik lah, nobar lah, latihan vokallah dan dll, dst dsb . Pusing kami memang betul dia punya grup band, tapi yang justru jadi risau adalah subuhnya kelewat terus. Dan kalau dibangunin pasti sudah meradang dan setengah marah , karena memang sudah sangat ngantuk. Nyawanya dan kepribadiannya sekarang tertukar , pagi jadi malam , malam jadi pagi. Persis motto anak gaul betul betul.

Aku telah kehabisan kata kata untuk berdiskusi dan bicara dari hati ke hati. Sehari mengerti , kumpul lagi dengan teman teman begajulannya besok begitu lagi. Ya allah sabaaar. 
Ayahnya yang sudah 7 bulan ini sakit dan harus istirahat dirumah tambah sakit memikirkannya. Bagaimana tidak hasil pergaulannya adalah merokok , apalagi sekarang ada BB ditangan , itu tangan tak pernah berhenti untuk main diatas tutsnya. Zikirnya pun telah berpindah ke BB.  Malam begadang diluar, pagi tidur sampai siang , bangun tinggal makan , main komputer , atau asyik di BB atau melototi TV lalu sore keluar.
 Tidak ada lagi peduli , empati dengan keadaan rumah. Ya allah inikah anak yg kulahir kan 17 th yang lalu ? Setelah hampir 5 th menunggu , saat hamil tidak pernah tasbih dan zikir lepas dari mulutku, membaca alquran untuk mengatasi ngidamku dan mengharapkan tak lepas dari jiwa agama. Begitu lahir tak lepas bacaan qur'an dan zikir selalu berkumandang di telinganya. 
Nama yang kami beripun artinya adalah pembuka jalan yang sempurna. Apakah aku sebagai orang tuanya yang salah ? Atau kami yang kalah hingga jadi korban lingkungan ? Dan kami dianggapnya adalah orang tua jadul dengan banyak mengekang dia. Bukan mengekang, tapi justru selalu mengajaknya diskusi untuk siap menghadapi keras dan kejamnya didunia. 


Apakah harus masuk dipesantren sebagai solusi. Kami tidak mau dianggap membuang anak ke pesantren atau lepas tangan dengan cukup memasukkannya ke pesantren ? Entahlah ?
Tiap malam tak lepas kami, aku dan ayahnya berdoa untuk nya agar diselamatkan dari ancaman dunia luar yang begitu keras dan kejam. Ini kata katanya sms ke aku;

Bukan itu bu . Abang nyari lingkungan. Plis deh. Ibu sama ayah tuh gak akan pernah siap punya anak udah gede. Abang paham. Bu , pikirin Abang juga dong. Temen abang yang lain ga pernah ibu beda bedain ? Kenapa selalu yang lebih baik sama Abang ? Gak akan bisa abang jadi kaya gitu. Abang bukan mereka!!!! Emang Mereka punya yang Abang punya ? 

Engga bu. Kenapa sih ? Abang di BCP ada temen temen Abang yang ibu kenal. Wong Braman aja yang emak bapaknya ketatnya naujubillah masih ngasih. Abang sama anak anak SALTING bu. Sama BMI Bekasi musik indi nonton disitu. Cape abang ngetik panjang juga. Abang udah bilang iya dari seminggu lalu nonton final bu. Udah seminggu lebih bu abang ga nobar diluar biar final bisa ikut. Apa ? Percuma. Ya ampun bu , ga banyak ko. Anak ibu bukan anak yang segalanya berlebihan. Abang gak pernah kan minta a , b , c ? Bandingin jangan cuma Runa ( sepupunya yang kembar 3 dan dia laki sendiri ,SMP sampai SMA nya pesantren ) dong. Siapa yang ga sakit  . Jangan ngeliat jeleknya doang dong bu. Pliss banget dech.bu ayah....
Jangan subjektif ke Abang. Abang keras sama orang ya karena ayah ibu keras ke Abang Kalo ibu permasalahin agama abang , ibu tengok bu keluar. Siapa orang tua yang anaknya masih solat 5 waktu ga pernah tinggal? Yang masih baca alquran walaupun bolong bolong? Yang puasa ga pernah batal.
( Lalu dia berhenti menulis , kutunggu sejenak, )
Ya udah maafin  Abang . Agak emosi aja. Ga enak juga abang udah janji sama iki sama kopling. ( Tuh manggil temennya ajha udah ga karuan , kopling , jedink bibir dsb ) juga. Ya udah abang ngerti aja lah mulai sekarang ( dia seperti menyerah )
Lalu kujawab ,( memang begini kalau sudah berdebat ketimbang emosi akhirnya yang kulakukan adalah via sms agar kata kataku terkontrol):

Selalu karena ada rasa tidak enak kalo ga ngelakuin dimata temen temen. Selalu ada alasan bete padahal udah ada BB, ga laki kalo ga nobar ga laki kalo ga ngerokok ga laki kalo ga punya pacar, dst dsb dll. Kami , aku dan ayahmu pernah muda tapi dalam batasan agama, kalo bandingannya Braman susah wong dia agamanya ga kenal halal haram, ga kenal yg namanya muhrim, ga kenal anak sholeh sperti apa. Kalo dengan ini abang merasa terbatasi oleh kami ya minta maaf
Silahkan abang lakukan yang abang mau sperti teman teman.
Yg 17 th lalu ibu kandung dan lahirkan adalah anak yg bisa jadi contoh anak sholeh, qurrota ayyun, kebanggaan dunia akhirat, prihatin dengan keadaan ayahnya dan justru jadi penyemangat untuk sembuh dan bukan justru malah tambah sakit. 

 
Ibu ga menafikan agamamu, justru ga ingin rusak yang sudah dijalani, fakta nyata sudah ga sempet ngaji, sholat subuh harus slalu dibangunin. Apa lagi yang mau kubanggain ? Justru karena kamu sudah terlalu bebas itulah  Kami harus ngerem. Kreatifmu mati hanya dimusik tapi yang lain mati kutu. Seolah cuma musik nafasmu. 



Padahal dalam agama jelas, musik yang sudah sampe melenakan bahkan membutakan itu HArAm. Ga usah Runa sepupumu , adik2mu masih bisa dikendaliin , kenapa harus kamu ? Yg justru jadi biang ga betah ? Ya udah ini mungkin ujian buatku punya anak seperti ini, ayahmu sakit sakitan , boro boro bisa tempat aku bersandar, kebalik justru aku yg harus tangguh ngadepin anak ma suami semoga ibu dikasih kuat dan ini jadi ibadahku akhirnya diujung smsku. 

Karena bosan berdebat dengannya. Kurang apa aku memberinya kebebasan untuk menyalurkan jiwa musiknya, tapi bukan keluar malam terus yang kuinginkan. Ya allah beri kami kesabaran untuk bisa melewati masa kritis menghadapi kedewasaan anakku.
Esok seninnya saat aku dapat jadwal ngawas di kampus, bertemu dengan dosen cantiq dan keibuan, dia berkata bahwa coba dech bu , pake ilmu hypnoteaching. 

Saat tidur ajak dia ngomong, seolah olah dia mendengarmu. Inget ga waktu dia dikandungan. Sampaikan keinginan ayah dan ibu. Masing masing semua berbicara yang baik baik ke dia. Insya allah besok besok atau setelah bangun itu akan melekat di benaknya seperti suara malaikat yang terus menggema amien. Memang aku belum full mencoba, tetapi sempat ada kejadian , saat itu clash lagi sama aku dan ayahnya, dan saat itu ayahnya nyesek dan memang sedang sakit, dia panik. 

Akhirnya kami justru sibuk bagaimana si ayah bisa tenang lagi. Setelah agak lumayan pulih , aku tertidur . Namun sayup sayup kudengar ayah dan anak sedang bicara dari hati ke hati, kulirik jam dinding jam 1 , lalu aku terlelap lagi.  Aku terbangun lagi ternyata belum selesai juga kulirik lagi jam , pukul 3 dinihari. Ayaaaaah istirahat ayooo !!  Tapi sambil mataku berat terlelap. Yang jelas aku terbangun pukul 5 , kesiangan subuhan. Masyaallah........................................!! Kutengok si ayah dan sulung.. Ternyata sedang sholat subuh berjamaah . 
Aku tak tau apakah ini awal , semoga ya allah beri kami kesabaran untuk   terus membimbing anak anak kami di rel Mu  yang  Engkau Ridhoi ya allah
Tambun City 3 Juli 2012

Posting Komentar

0 Komentar