Mendidik Siswa Berfikir Secara Komputer ( Komputional Thinking ) dengan STEM CS


Pakar pendidikan Indra Charismiadji mengatakan, perubahan-perubahan kurikulum sekolah di Indonesia tak bisa ditunda lagi . Karena , perkembangan dunia pendidikan begitu cepat .Sehingga, kalau tidak mau ketinggalan dan berkutat pada sistem pendidikan lama, mau tak mau Indonesia harus berpacu mengubah kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman

"Salah satu yang segera ditambahkan dan dipadukan dalam kurikulum saat ini adalah STEM, yakni perpaduan antara Science, Technology, Engineering and Mathematics. STEM sebuah keharusan dalam mempersiapkan anak didik menghadapi dunia nyata yang penuh masalah. Dengan STEM mereka akan siap memecahkan berbagai masalah dan siap dalam persaingan global," kata pak Indra lagi

STEM CS    merupakan singkatan dari  Sciences (Sains), Technology (Teknologi) ,   Engineering 
( Mesin ) dan Mathematics   ( Matematika )  Computer Science , dimana negara-negara ini menyadari akan keperluan untuk  meningkatkan pendidikan ,  STEM berdasarkan tuntutan perkembangan teknologi abad 21 sebagai pelengkap sistem kurikulum masa kini  yang saling berkaitan satu sama lain. 

STEM CS ,  adalah program ini telah diciptakan  dan dirancang  oleh i-Carnegie Global Learning dan Robomatter berdasarkan  perkembangan ilmu pengetahuan komputer yang ditujukan untuk memajukan pendidikan yang telah diuji cobakan dan dipraktekkan selama hampir 10 tahun belakangan ini sebagai 'No. 1 Computer Science School' di Amerika Syarikat. Program ini mengintegrasi  / menggabungkan Sains Komputer dan Pengekodan (Coding) dengan mengkolaborasikan keseluruhan dalam kelas dengan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif untuk pelajar, dan juga sebagai sumber untuk guru . Bagaimana komputer tidak hanya sebagai tools / alat saja tetapi bagaimana komputer bisa bekerja sesuai dengan kehendak manusia . Bagaimana peserta didik dapat berfikir secara komputer dan dapat digunakan untuk melatih peserta didik dalam mengaplikasikan disiplin ilmu dalam kehidupan sehari hari . 

Berfikir secara komputer ( Computional Think )  mengajar anak kita untuk mampu menyelesaikan masalah dalam banyak disiplin ilmu. Video smart national singapor menunjukkan beberapa permasalahan kuncinya adalah prospeknya ,  enterpraneurshipnya , dan fasilitas support sistemnya . Ada code for change menampung para pemuda untuk ikut membangun Singapura. Semua ,  siapapun bisa menggunakan fasilitas aplikasi untuk ikut membangun operational thingking . Semua bisa memiliki keahlian ini .  Yang perlu sekolah lakukan hanyalah menggerakkan peoplenya / student tapi sekarang yang akan dilakukan adalah mensosialisasikan komputional stem bisa memberikan motivasi efektif , mengemploy / menyeesaikan  segala permasalahan . Komputasi thinking adalah apa yang sudah kita buat terdiri dari  
  • decompose adalah menguraikan permasalahan
  • membuat pattern  yaitu  pola yang mirip 
  • abstraction adalah memilih informasi yang relevan yang perlu kita rubah untuk dicari solusinya menggunakan cara berfikir komputer
  • Konsep algoritma adalah membuat langkah demi langkah-
  • berfikir secara logis logika .

Bagaimana cara membuat siswa membuat komputional  thinking berfikir secara komputer adalah  : dengan pembelajaran yang berkelanjutan . Untuk mengintegrasikan pelajaran semua yang ada , menilai siswa apakah sudah paham atau belum , penilaian autentik tidak hanya tertulis dengan memberikan tugas yang berhubungan dengan kehidupan yang nyata setelah itu harus menilai dengan rubrik . Jadi ada banyak sekali yang harus dan dapat kita lakukan sebagai  pendidik  . Dengan bersama  icarnegie yang telah berpengalaman selama 20 th tentang komputional thingking akan berkolaborasi dengan guru dan siswa  . Tehnologi dalam pendidikan di abad 21 saat ini ,  harus memiliki keahlian STEM CS . Skill pembelajaran STEM dan abad 21 . Fokusnya adalah menyiapkan peserta didik untuk bersaing di abad  21 ini  . 

Implementasi stem computer science  adalah  dalam 5 th kedepan akan ada pekerjaan yang berhubungan dgn komputer . Selama ini kalau kita belajar hanya cara memakai komputer , sedang  computer science mengajarkan komputer mengerjakan pekerjaan kita . Mari kita berfikir :Bila semua pendidik orientasinya ke masa depan  maka Stem job akan menguasai dunia ada . Saat ini  1,4 jt pekerjaan  komputer tapi sarjana komputer nya hanya tersedia 400 rb. . Kelak 65% siswa akan bekerja pada pekerjaan yang hari ini belum terbayangkan . Aplikasi gojek  , bertambahnya "Forensik accounting"  ilmu baru dalam audit keuangan  , perdagangan online ,Dsb adalah contoh contoh pekerjaan yang sedang berkembang dan diminati . 


Mr obama berkata jangan hanya main game ciptakan game , jangan hanya download aplikasi ayo bikin aplikasinya . Wow sementara saat ini banyak anak kecanduan dan hanya menjadi penikmat dari permainan game online .

Lalu apa kata mendikbud ? ingin menjadi negara yagn mandiri , menjadi pencipta pemain  bukan penikmat konsumen  . kurang lebih sama . Tapi mengapa TIK / KKPI disekolah sekolah dihapuskan ? Alasan pemerintah menghapus adalah 30 persen sekolah belum ada listrik ,  aneh !! Seharusnya membangun 30% sekolah sekolah tersebut yang belum ada atau terjangkau listrik bukan malah menghapusnya  . Menurut Indra, pihaknya sudah mengusulkan penggunaan kurikulum STEM kepada pemerintah. "Sejauh ini, responnya masih nol. Tapi kami akan berusaha terus," katanya. 

Menurut Indra, pemerintah Indonesia, para orangtua dan para pendidik harus menyadari bahwa cara belajar anak didik saat ini jauh berbeda dengan orangtuanya. "Menurut pakar pendidkan dari Amerika Serikat, Dr Marc Prensky, penduduk dunia saat ini terbagi dua. Pertama Digital Immigrant, yang berimigrasi ke dunia digital dan kedua Digital Natives, atau penduduk asli digital" katanya.
Tapi sebagai pendidik  masih ada cara lain bagaimana mewujudkan keinginan untuk membangun cara berfikir komputer siswa menurut i-carnegie . Caranya : 
  • STEM computer science camp ,  mulai mengenalkan ke anak anak didik kita , guru dan yayasan. Waktunya adalah 12 jam  . Dibagi 2 hari dengan konsep blended learning / penggabungan dalam pembelajaran  . Bisa menjadi pilihannya wajib dan mendapat sertifikat dari i carnegie
  • Club , mulai  januari : stem computer science sebagai club/ Eskul tambahan disekolah dengan waktu pembelajaran  36 jam  . Penilaiannya  masuk nilai raport  dan sertifikat dari i carnegie. 
  • Masuk ke program intra kurikuler mulai th ajaran baru  , masuk ke mata pelajaran ke prakarya , Seni Budaya , TIK , Matematika  , atau IPA , 2 jam pelajaran perminggu . Masuk nilai raport dan sertifikat sehingga guru gurunya  diberi pelatihan . Dan nantinya diharapkan guru guru  nya bisa mengajar sendiri dengan pendampingan dari i Carnegie . 
Ada anggapan bahwa di indonesia dengan jam belajar selama itu sekolah sama seperti penjara . Dengan pembelajaran yang membosankan dan kurang inovatif , siswa hanya diarahkan hanya dengan menghafal saja tidak membuat peserta didik jadi terlatih untuk terjun didunia nyata kehidupan .

 

Lalu bedanya apa pembelajaran dengan STEM CS  . STEM CS  bukan hanya sekedar memencet tombol komputer tapi bagaimana menggunakan komputer untuk menciptakan sesuatu . Saat ini  sudah banyak digunakan  di Inggris Amerika Singapura Finlandia Australia dan sudah masuk ke dalam  kurikulum . Dan kita bisa mulai dari sekolah ayo lakukan perubahan , pasti akan ada pro dan kontra dsb .  Tapi keyakinan bahwa STEM CS akan mampu membawa bangsa ini sejajar dengan bangsa bangsa lain yang telah maju . Perhatikan perbedaannya antara pelajaran TIK/KKPI  di Indonesia saat ini dan Komputer Science nantinya
 





Posting Komentar

15 Komentar

  1. STEM CS merupakan singkatan dari Sciences (Sains), Technology (Teknologi) , Engineering
    ( Mesin ) dan Mathematics ( Matematika ) Computer Science , dimana negara-negara ini menyadari akan keperluan untuk meningkatkan pendidikan , STEM berdasarkan tuntutan perkembangan teknologi abad 21 sebagai pelengkap sistem kurikulum masa kini yang saling berkaitan satu sama lain.

    BalasHapus
  2. Keren tapi saya langsung teringat akan sekolah- sekolah di pelosok yang fasilitas gedung saja rusak. Bagaimana mereka harus mengejar STEM?

    BalasHapus
  3. Keren tapi saya langsung teringat akan sekolah- sekolah di pelosok yang fasilitas gedung saja rusak. Bagaimana mereka harus mengejar STEM?

    BalasHapus
  4. Keren tapi saya langsung teringat akan sekolah- sekolah di pelosok yang fasilitas gedung saja rusak. Bagaimana mereka harus mengejar STEM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Bunda dengan cara kerjasama dengan pemda setempat dan mahasiswa TIK serta guru guru bersatu , kami siap dengan pelatihannya

      Hapus
  5. Dimana kita bisa dapatkan Kurikulum STEM CS ini Pak Indra ?
    Mohon Informasinya

    BalasHapus
  6. Dimana kita bisa dapatkan Kurikulum STEM CS ini Pak Indra ?
    Mohon Informasinya

    BalasHapus
  7. lisa tri saputri sihombing
    XII AP2

    BalasHapus