Sudahkah Berdamai


Ketika kita memiliki masalah, mendapat ujian, musibah, manusiawi lalu terjadi demo hati, penolakan, dan merasa paling tidak beruntung dalam hidup.  Jika hal itu terus diratapi, dan hanya curhat sana-sini pada manusia, bukan solusi atau apapun yang kita dapatkan. Hanya ketidak tenangan, lost motivasion, menyalahkan, dan akhirnya menggerus ibadah dan kesehatan. Sia-sia hidup ...

Cobalah #berdamai dengan keadaan, masalah, ujian hidup, musibah, dan sakit kita. Agar ketenangan, keikhlasan, sekaligus kepasrahan kita dapat. Akhirnya bisa berpikir jernih, memaafkan perlahan, lalu bisa melepaskan segala sesak yang bisa menimbulkan penyakit. Itu jadi landasan emosi sampah biang dari segala keterpurukan dan sakit di badan. 

Setelah #berdamai juga lebih banyak bersyukur, sabar, ikhlas, dan pasrah, sehingga menimbulkan ide dan solusi bagaimana bisa keluar dari keadaan, dan semua permasalahan yang ada. Meyakini dan melatih mindset positif kita menjadi prasangka baik, menjadi #obat untuk menyehatkan, multilevel manfaat. 

Contoh, ketika ms Juli kehilangan kunci saja, sederhananya, kalau kita panik, marah-marah, kesal, apa yang akan terjadi? Kepala jadi pusing, sesak napas kita, bikin serumah kena marah, akhirnya berdosa. Coba bila kita ambil napas dulu, menenangkan diri, sabar, ikhlas mengakui kecerobohan diri tanpa menyalahkan siapapun, sambil mengingat terakhir meletakkan. Atau langsung berwudhu, sholat, pasrah, tawakal, berprasangka positif pada Allah dan yakin bahwa DIA akan memberi petunjuk juga keajaibannya kepada kita. 

Subhanallah ... Setelah sholat melihat kunci tergeletak di meja, padahal sudah berapa keliling meja bolak-balik waktu ngubek-ngubek nyari. Mashaallah, tugas kita memang ikhtiar dan mengakui (muhasabah diri) ternyata #hasil Allah berikan dengan sikap pasrah, ikhlas, tawakal. Lahaula wala kuwwata illa bila. Tidak ada daya upaya selain kekuatannya, apa yang tidak mungkin bagi manusia adalah Kun Fayakun bagi-Nya. Nah ... Manteman, sahabat, sudahkah kita berdamai hari jni? 😍😘🙏

#kelasmenulisdarinol 
#nurulamanahpublishing 
#misjulimenorehkata

Posting Komentar

0 Komentar