Assalamualaikum ww, good morning kelas.
Hari
ini kita akan melanjutkan materi kedua, kalian bisa simak baik yang sedang
Praktik maupun tidak.
Kemarin
kita sudah belajar bagaimana mengenal lagi tentang persamaan Kuadrat dimana
rumus umumnya adalah
ax2
+ bx + c = 0 dimana a dan b adalah koefisien, dan c adalah konstanta
contoh:
x2 – 4 x + 3 = 0 maka a = 1, b = -4, c = 3
1. Menyelesaikan
persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
ax2
+ bx + c = 0 dapat dinyatakan menjadi a
(x – x1) (x – x2) = 0. Nilai x1 dan x2 disebut akar-akar
(penyelesaian) persamaan kuadrat.
Contoh
1 : Selesaikan x2 – 4 x + 3 = 0
Jawab: x2 – 4 x + 3 = 0 diuraikan menjadi x2 – 3x - x + 3 = 0
lalu (x2 – 3x) - (x+ 3) = 0
(x.x – x.3) – (1.x + 1.3) = 0
x (x-3) -1 (x – 3) = 0
(x – 3) (x – 1) = 0 sehingga
x – 3 = 0 atau x – 1 = 0
x = 3 atau x = 1
Jadi, penyelesaian dari x2
– 4 x + 3 = 0 adalah 3 dan 1. Hp { 1,3}
Kita perhatikan kembali Rumus Umum persamaan
kuadrat ax2 + bx + c = 0 setelah
menentukan a,b,c dengan akar-akarnya, buat:
D = b2 – 4ac yang disebut diskriminan (D), dikarenakan nilai D = b – 4ac ini yang mendiskriminasikan (membedakan) jenis akar-akar persamaan kuadrat. Jadi kegunaan diskriminan adalah untuk menentukan jenis akar-akar persamaan kuadrat.
Contoh :Tanpa menyelesaikan persamaan lebih
dahulu, tentukan jenis-jenis akar persamaan kuadrat berikut:
x2 + 5 x + 2 = 0
Jawab : x2 + 5 x + 2 = 0 maka a = 1 , b = 5 , c = 2 maka D = b2 – 4ac = 52 – 4 . 1 . 2 =
25 – 8 = 17 didapat D=17
Ternyata D > 0. Jadi, persamaan x2 + 5 x + 2 = 0 mempunyai dua akar real berlainan.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita
ketahui bahwa ada hubungan antara jenis akar-akar persamaan kuadrat dengan
nilai diskriminannya yaitu D = b – 4ac. Jadi nilai diskriminan D= b – 4ac
sangat menentukan jenis akar-akar persamaan kuadrat ax + bx + c = 0, yaitu:
1. Jika D>0, maka persamaan kuadrat
mempunyai dua akar real yang berlainan.
2. Jika
D berbentuk kuadrat sempurna maka kedua akarnya rasional. Jika D tidak
berbentuk kuadrat sempurna maka kedua akarnya irasional.
Jika
D= 0, maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar yang sama (kembar), real dan
rasional.
3. Jika D<0, maka persamaan kuadrat tidak mempunyai akar real atau kedua akarnya tidak real atau khayal (imajiner)
Selanjutnya, untuk mengetahui jenis-jenis akar persamaan kuadrat (real atau tidak, sama atau tidak, rasional atau irasional) kita tidak perlu menentukan akar-akar persamaan kuadrat tersebut, tetapi cukup menghitung nilai diskriminan D = b – 4ac.
Agar Ananda memahami dan terampil menggunakan perhitungan nilai diskriminan untuk menentukan jenis-jenis akar persamaan kuadrat, perhatikanlah beberapa contoh di bawah ini!
Contoh 1:
Tanpa harus menyelesaikan persamaan
terlebih dulu, tentukan jenis akar-akar tiap persamaan kuadrat berikut!
a. x
– 10x + 16 = 0 a = 1, b = -10, c
= 16 maka D = b2-4ac = (-10)2 – 4.1.16 = 100 – 64 = 36
maka D> 0
b.
3x – 36 = 0
c. x
+ 6x + 9 = 0
d.
-2x + 3x – 6 = 0 silahkan
kerjakan 3 latihan lainnya.
3. Jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
Sebuah Persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0 itu mempunyai
akar x1 dan x2. Seperti sebuah bilangan 9 misalnya memiliki akar -3 atau 3 ( karena 3,3 = 9 atau -3.-3 = 9). Jadi sebuah persamaan kuadrat juga memiliki akar-akar setelah kita melakukan pemfaktoran kuadrat.
Contoh:
Akar-akar x2 – 3x + 4 = 0 adalah
x1 dan x2. Dengan tanpa menyelesaikan persamaan tersebut,
hitunglah nilai:
a. x1 + x2
b. x1.x2
c. x12 + x22
Jawab: x2 – 3x + 4 = 0 , a= 1, b= -3, c = 4 maka:
a. x1 + x2 = -b/a = -
(-3)/ 1 = 3
b. x1.x2 = c/a = 4/1 = 4
c. x12 + x22 = Rumusnya x12 + x22 + 2 x1.x2 – 2 x1.x2 = lalu kita kurung (x12 + x22 + 2 x1.x2) - 2 x1.x2 menjadi (x12 + 2 x1.x2 + x22) - 2 x1.x2
Lalu dipecah ( x12
+ 2 x1.x2 + x22)
menjadi (x12 + x1.x2
+ x1.x2 +x22
)
Lalu
diuraikan (x12 + x1.x2 ) + (x1.x2 +x22 )
Lalu
dibuat menjadi (x1.
x1 + x1.x2) + (x1.x2 +x2. x2)
Lalu dicari yang sama dikeluarkan seperti memfaktorkan:
x1(x1
+ x2) + x2 (x1 +x2 )
sehingga jadinya (x1 +x2) (x1 + x2)
Maka Hasil akhir: (x1 +x2) (x1
+ x2) - 2 x1.x2
Sehingga
penyelesaian dari atas ke bawah:
x12 + x22 = x12 + x22 + 2 x1.x2 – 2 x1.x2
= (x1 +x2) (x1 + x2) - 2 x1.x2
= (3) (3) – 2 ( 4) = 9 – 8 = 1 Hasil dari x12 + x22 = 1
Silahkan Latihan
sendiri dengan mengikuti Langkah-langkah di atas untuk soal berikut:
1. x2 + 5x + 6
2. 2x2 – 2x – 1 = 0
4. Menyusun persamaan kuadrat yang
akar-akarnya berkaitan dengan akar-akar persamaan kuadrat lain
Seringkali kita mendapatkan suatu persamaan kuadrat yang akar-akarnya berhubungan dengan akar-akar persamaan yang lain.
Contoh 1: Susunlah
persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 3 lebihnya dari akar-akar persamaan x2
– 2x + 3 = 0.
Jawab:
Misal
akar-akar persamaan x2 – 2x + 3 = 0 adalah x1 dan x2. a=1, b=-2, c=3
Maka: x1 + x2 = -b/a = - (-2)/
1 = 2, dan
x1 x2 = c/a = 3/1 = 3.
Jika akar-akar persamaan kuadrat baru adalah p dan q, maka:
p = x1 + 3 dan q = x2 +3
p + q = (x1 + 3) + (x2 + 3) kurung dibuka jadi
= x1 + x2 + 6 = (x1 +x2) + 6
= 2 + 6 = 8
p.q = (x1
+ 3) (x2 + 3) dikalikan bulan
= x1 x2 + 3x1 + 3x2 + 9 = x1 x2 + 3 (x1 + x2) + 9
Persamaan kuadrat yang akar-akarnya p dan q rumus umumnya adalah:
x2 – (p + q)x
+ p.q = 0
Untuk Latihan Soal:
1. Tentukan
persamaan kuadrat yang akar-akarnya adalah 3 dan -7.
2. Tentukan persaman
kuadrat yang akar-akarnya adalah α dan β, serta jumlah dan hasil kali
akar-akarnya adalah -1 dan -20.
3. Susunlah persamaan kuadrat yang akar-akarnya 3 kali akar-akar persamaan persamaan kuadrat 2x2 + 5x - 3 = 0.
Demikian materi pertemuan 2 hari ini,
selamat memahami, dan silahkan kerjakan latihan. disetor ke link drive kalian
masing-masing. Ms Juli tunggu kemauan untuk berlatih ya. Ayoo kamu pasti bisa!!
3 Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTadinya saya berpikir, kok Mis Juli nulis tentang Matematika sih.
BalasHapusLupa kalau Mis Juli itukan guru matematika. Semangat menulis dan mengajar ya Mis, semoga anak-anak generasi bangsa makin cerdas.
Jadi diingatkan oleh Mis Juli tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Alhamdulillah masih ingat meski otak dah agak berkarat. Mesti rajin nyimak postingan Mis Juli nih, biar kalau ditanya anak ngerti.
BalasHapus