Materi Pertemuan Kedua Agustus Persamaan dan Fungsi Kuadrat Kelas XII SMK Yadika 13

 

Assalamualaikum ww, good morning kelas.

Hari ini kita akan melanjutkan materi kedua, kalian bisa simak baik yang sedang Praktik maupun tidak.

Kemarin kita sudah belajar bagaimana mengenal lagi tentang persamaan Kuadrat dimana rumus umumnya adalah

ax2 + bx + c = 0 dimana a dan b adalah koefisien, dan c adalah konstanta 

contoh: x2 – 4 x + 3 = 0 maka a = 1, b = -4, c = 3

   1. Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan memfaktorkan

ax2 + bx + c = 0   dapat dinyatakan menjadi a (x – x1) (x – x2) = 0. Nilai x1 dan x2 disebut akar-akar (penyelesaian) persamaan kuadrat.

Contoh 1 : Selesaikan x2 – 4 x + 3 = 0

Jawab:    x2 – 4 x + 3 = 0  diuraikan menjadi x2 – 3x - x + 3 = 0   

lalu (x2 – 3x) - (x+ 3) = 0                                       

        (x.x – x.3) – (1.x + 1.3) = 0                                         

         x (x-3) -1 (x – 3) = 0

          (x – 3) (x – 1) = 0  sehingga                                                                  

          x – 3 = 0   atau    x – 1 = 0

        x = 3        atau    x = 1    

Jadi, penyelesaian dari x2 – 4 x + 3 = 0 adalah 3 dan 1. Hp { 1,3}


 2. Menentukan Jenis-jenis Akar Persamaan Kuadrat

Kita perhatikan kembali Rumus Umum persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0  setelah menentukan a,b,c dengan akar-akarnya, buat:

D = b2 – 4ac yang disebut diskriminan (D), dikarenakan nilai D = b – 4ac ini yang mendiskriminasikan (membedakan) jenis akar-akar persamaan kuadrat. Jadi kegunaan diskriminan adalah untuk menentukan jenis akar-akar persamaan kuadrat.

Contoh :Tanpa menyelesaikan persamaan lebih dahulu, tentukan jenis-jenis akar persamaan kuadrat berikut:

x2 + 5 x + 2 = 0

Jawab : x2 + 5 x + 2 = 0  maka a = 1  ,  b = 5  ,  c = 2 maka D = b2 – 4ac = 52 – 4 . 1 . 2 = 

                                                                                              25 – 8 = 17   didapat D=17

Ternyata  D > 0. Jadi, persamaan x2 + 5 x + 2 = 0  mempunyai dua akar real berlainan.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa ada hubungan antara jenis akar-akar persamaan kuadrat dengan nilai diskriminannya yaitu D = b – 4ac. Jadi nilai diskriminan D= b – 4ac sangat menentukan jenis akar-akar persamaan kuadrat ax + bx + c = 0, yaitu:

1. Jika D>0, maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar real yang berlainan.

2.     Jika D berbentuk kuadrat sempurna maka kedua akarnya rasional. Jika D tidak berbentuk kuadrat sempurna maka kedua akarnya irasional.

Jika D= 0, maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar yang sama                     (kembar), real dan rasional.

3.    Jika D<0, maka persamaan kuadrat tidak mempunyai akar real atau kedua akarnya tidak real atau khayal (imajiner) 

Selanjutnya, untuk mengetahui jenis-jenis akar persamaan kuadrat (real atau tidak, sama atau tidak, rasional atau irasional) kita tidak perlu menentukan akar-akar persamaan kuadrat tersebut, tetapi cukup menghitung nilai diskriminan D = b – 4ac.

Agar Ananda memahami dan terampil menggunakan perhitungan nilai diskriminan untuk menentukan jenis-jenis akar persamaan kuadrat, perhatikanlah beberapa contoh di bawah ini!

Contoh 1:

Tanpa harus menyelesaikan persamaan terlebih dulu, tentukan jenis akar-akar tiap persamaan kuadrat berikut!

a.  x – 10x + 16 = 0          a = 1, b = -10, c = 16 maka D = b2-4ac = (-10)2 – 4.1.16 = 100 – 64                                                                                                    = 36 maka D> 0

b.  3x – 36 = 0

c.  x + 6x + 9 = 0

d.  -2x + 3x – 6 = 0      silahkan kerjakan 3 latihan lainnya.


3. Jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat

Sebuah Persamaan kuadrat   ax2 + bx + c = 0 itu mempunyai akar x1 dan x2. Seperti sebuah bilangan 9 misalnya memiliki akar -3 atau 3 ( karena 3,3 = 9 atau -3.-3 = 9). Jadi sebuah persamaan kuadrat juga memiliki akar-akar setelah kita melakukan pemfaktoran kuadrat.

Contoh:

Akar-akar x2 – 3x + 4 = 0 adalah x1 dan x2. Dengan tanpa menyelesaikan persamaan tersebut, hitunglah nilai:

a.     x1 + x2

b.    x1.x2    

c.     x12 + x22

Jawab: x2 – 3x + 4 = 0 , a= 1, b= -3, c = 4  maka:

a.     x1 + x2 = -b/a = - (-3)/ 1 = 3

b.    x1.x2 = c/a = 4/1 = 4

c.     x12 + x22   = Rumusnya x12 + x22 +  2 x1.x2 – 2 x1.x2   = lalu kita kurung      (x12 + x22 +  2 x1.x2) - 2 x1.x2  menjadi  (x12 +  2 x1.x2 + x22) - 2 x1.x2  

Lalu dipecah  ( x12 +  2 x1.x2 + x22) menjadi (x12 +  x1.x2 + x1.x2  +x22 )

 Lalu diuraikan   (x12 +  x1.x2 ) +  (x1.x2  +x22 )

 Lalu dibuat menjadi  (x1. x1 + x1.x2) +  (x1.x2  +x2. x2)

 Lalu dicari yang sama dikeluarkan seperti memfaktorkan:

                 x1(x1 + x2) + x2 (x1 +x2 ) sehingga jadinya (x1 +x2) (x1 + x2)

 Maka Hasil akhir: (x1 +x2) (x1 + x2) - 2 x1.x2  

Sehingga penyelesaian dari atas ke bawah:

 x12 + x22   = x12 + x22 +  2 x1.x2 – 2 x1.x

                     =   (x1 +x2) (x1 + x2) - 2 x1.x2    

                 = (3) (3) – 2 ( 4) = 9 – 8 = 1     Hasil dari    x12 + x22    = 1   

Silahkan Latihan sendiri dengan mengikuti Langkah-langkah di atas untuk soal berikut:

1.     x2 + 5x + 6

2.    2x2 – 2x – 1 = 0          

 

4. Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya berkaitan dengan akar-akar persamaan kuadrat lain

Seringkali kita mendapatkan suatu persamaan kuadrat yang akar-akarnya berhubungan dengan akar-akar persamaan yang lain.

Contoh 1: Susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 3 lebihnya dari akar-akar persamaan x2 – 2x + 3 = 0.

Jawab:

Misal akar-akar persamaan x2 – 2x + 3 = 0 adalah x1 dan x2.  a=1, b=-2, c=3

Maka:  x1 + x2 = -b/a = - (-2)/ 1 = 2,  dan  

            x1 x2 = c/a = 3/1 = 3.

Jika akar-akar persamaan kuadrat baru adalah p dan q, maka:

p = x1 + 3      dan       q =  x2 +3

p + q = (x1 + 3) + (x2 + 3)  kurung dibuka jadi     

           = x1 + x+ 6   = (x1 +x2) + 6  

           = 2 + 6 = 8                           

p.q = (x1 + 3) (x2 + 3) dikalikan bulan

      = x1 x2 + 3x1 + 3x2 + 9 = x1 x2 + 3 (x1 + x2) + 9

       = 3 + 3(2) + 9 = 18

Persamaan kuadrat yang akar-akarnya p dan q rumus umumnya adalah: 

x2 – (p + q)x + p.q = 0

 Sehingga:  Persamaan kuadrat baru adalah x2 – 8x + 18 = 0.

Untuk Latihan Soal:

1.     Tentukan persamaan kuadrat yang akar-akarnya adalah 3 dan -7.

2.    Tentukan persaman kuadrat yang akar-akarnya adalah α dan β, serta jumlah dan hasil kali akar-akarnya adalah -1 dan -20.

3.    Susunlah persamaan kuadrat yang akar-akarnya 3 kali akar-akar persamaan persamaan kuadrat 2x2 + 5x - 3 = 0.

Demikian materi pertemuan 2 hari ini, selamat memahami, dan silahkan kerjakan latihan. disetor ke link drive kalian masing-masing. Ms Juli tunggu kemauan untuk berlatih ya. Ayoo kamu pasti bisa!!        



                                               

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Tadinya saya berpikir, kok Mis Juli nulis tentang Matematika sih.
    Lupa kalau Mis Juli itukan guru matematika. Semangat menulis dan mengajar ya Mis, semoga anak-anak generasi bangsa makin cerdas.

    BalasHapus
  3. Jadi diingatkan oleh Mis Juli tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Alhamdulillah masih ingat meski otak dah agak berkarat. Mesti rajin nyimak postingan Mis Juli nih, biar kalau ditanya anak ngerti.

    BalasHapus