Hebat , anak muda ini Idealis sekali

Hari ini aku dapat teman mengawas ujian mahasiswa seorang senior yang tiba tiba mendapat telp dari anaknya . Lalu tanpa kuminta dia bercerita bahwa sulungnya dapat beasiswa S-2 ke Cina dari kantornya kementrian Perindustrian yang artinya dibiayai oleh negara .
Hebatnya dia lulus dari  S-1 Unpad langsung coba coba tes ke Perindustrian dari 1000 pelamar yang diterima 217 orang dan ujiannya sampai 5 tahap tanpa jalur apapun murni hasil kemampuan dan hokinya sendiri  .  Yang ingin kubicarakan disini bukan masalah kehebatannya. Tapi adalah idealisnya, ngurus paspor lewat prosedural . Artinya jalur normal yang selesainya ternyata hampir 2 minggu. Sang ayah bilang, "heran tuh anak sudah dikasih uang untuk jalur cepat juga kenapa pilih jalur biasa ???" Waaa bapak ibu tau berapa biaya kalau jalur tol ?  1 - 1,5 jt sedang jalur biasa 200 ribu .

Dan itu jalur tol yang antri juga lumayan mbludaknya. Dan itu artinya, kitapun membiasakan dan berkontribusi dengan adanya jalur tol.  Padahal yang masuk ke kas negara mah tetap yang hanya 200 itu ? Dan dari atas hingga terbawah itu sudah sama sama tau.

 Makanya saya salut dengan anak muda bungsu si bapak ini yang masih idealis,  Heran saya, padahal mereka sudah digaji untuk melayani kita, masih saja cari tambahan diluar jalur , sudah gitu lama banget lagi . Padahal kalau mereka mau urus bisa kurang dari 3 hari. Terlebih dengan tenaga yang numpuk dan sering santai walau sudah siang. Kok bisa ya bisa santai , tapi pekerjaan sepele selesainya lama ? PARAAAAH!!

Posting Komentar

0 Komentar