Yuuk jadi Guru Kreatif

https://www.veganmainstream.com/wp-content/uploads/2010/03/Ilus_final_Ideas.jpg


(Ini adalah tulisan mahasiswaku pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dengan Prodi B.Inggris )

"Peranan Guru Kecil ( Tutor Teman Sebaya ) dalam mengatasi Kesulitan siswa dalam Proses Belajar di dalam Kelas"

Bagi seorang guru , menghadapi sekian banyaknya siswa yang mempunyai karakter dengan tingkat kecerdasan yang bertingkat sangatlah mungkin membuat pusing , bahkan kadang kala stress kita sebagai guru.  Namun hal itu akan menjadi mudah bagi kita apabila kita mengetahui dan menemukan trik yang sangat jitu untuk mengatasinya.

Dalam hal ini saya menemukan suatu metode  , dimana metode ini telah saya  terapkan dibeberapa kelas diantaranya kelas 1 dan kelas 2 SD . Disekolah Dasar dimana tempat saya mengajar. Setelah saya mengajar 3x pertemuan dan mempraktekkannya, hasil pengamatan saya hasilnya cukup memuaskan . Hasilnya bisa mencapai 85% ketuntasan belajar , artinya nilai latihan mereka hasilnya meningkat.

Saya mengajar Bahasa  Inggris di SD dan ketika saya coba dikelas 1 D yang jumlah muridnya hampir 40 siswa . Dan saya mengamati hingga pertemuan ke – 3.  Sebagai langkah awal siswa diberikan catatan dan penjelasan mengenai satu pokok bahasan , Kemudian setelah itu diberikan soal soal latihan. Hasilnya adalah terdapat 15 siswa yang langsung mendapat nilai bagus , 12  pas KKM dan  13 dibawah KKM.

Untuk mengatasi anak anak yang dibawah KKM kemudian saya meminta siswa yang diatas KKM untuk menjadi guru kecil bagi teman temannya yang belum memahami soal soal latihan tersebut. Dan Alhamdulillah mereka bisa mengerti dengan bahasa yang disampaikan oleh temannya tersebut . Begitu juga dengan tugas setelah dibantu diterangkan dengan teman temannya tugas yang biasanya hanya 50%  terkumpul Alhamdulillah bisa mencapai 100%.

Disini saya lihat ini juga menjadi terciptanya hubungan Simbiosis Mutualisma ( hihihi seperti pelajaran IPA yaa !! )  sesama siswa . Bagi siswa pintar mereka merasa senang dan bangga karena mendapat kepercayaan menjadi seorang guru bagi teman temannya sehingga mereka terus tertantang untuk meningkatkan prestasinya . Sedangkan bagi temannya yang dibantu , mereka jadi tidak malu menyampaikan  kekurangan dan pertanyaan yang mereka belum mengerti . Alhamdulillah

Sebenarnya tulisan ini sudah kuedit dan kupoles sana sini . Tapi buat idenya merubah gaya mengajar jadi menyenangkan dan semua kelas berpatisipasi dalam berprestasi . Itu yang selalu kuajarkan dikelas  ternyata , mahasiswaku yang sekaligus guru langsung mempraktekkan . Wow keren , coba kalau semua guru terus berinovasi …. Yuuuk Mauuuuu !!!

Posting Komentar

3 Komentar