https://www.veganmainstream.com/wp-content/uploads/2010/03/Ilus_final_Ideas.jpg |
(Ini adalah tulisan mahasiswaku pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dengan Prodi B.Inggris )
"Peranan
Guru Kecil ( Tutor Teman Sebaya ) dalam mengatasi Kesulitan siswa dalam Proses
Belajar di dalam Kelas"
Bagi seorang guru , menghadapi sekian banyaknya
siswa yang mempunyai karakter dengan tingkat kecerdasan yang bertingkat
sangatlah mungkin membuat pusing , bahkan kadang kala stress kita sebagai
guru. Namun hal itu akan menjadi mudah
bagi kita apabila kita mengetahui dan menemukan trik yang sangat jitu untuk
mengatasinya.
Dalam hal ini saya menemukan suatu metode , dimana metode ini telah saya terapkan dibeberapa kelas diantaranya kelas 1
dan kelas 2 SD . Disekolah Dasar dimana tempat saya mengajar. Setelah saya
mengajar 3x pertemuan dan mempraktekkannya, hasil pengamatan saya hasilnya
cukup memuaskan . Hasilnya bisa mencapai 85% ketuntasan belajar , artinya nilai
latihan mereka hasilnya meningkat.
Saya mengajar Bahasa Inggris di SD dan ketika saya coba dikelas 1 D
yang jumlah muridnya hampir 40 siswa . Dan saya mengamati hingga pertemuan ke –
3. Sebagai langkah awal siswa diberikan
catatan dan penjelasan mengenai satu pokok bahasan , Kemudian setelah itu
diberikan soal soal latihan. Hasilnya adalah terdapat 15 siswa yang langsung
mendapat nilai bagus , 12 pas KKM dan 13 dibawah KKM.
Untuk mengatasi anak anak yang dibawah KKM
kemudian saya meminta siswa yang diatas KKM untuk menjadi guru kecil bagi teman
temannya yang belum memahami soal soal latihan tersebut. Dan Alhamdulillah mereka
bisa mengerti dengan bahasa yang disampaikan oleh temannya tersebut . Begitu
juga dengan tugas setelah dibantu diterangkan dengan teman temannya tugas yang
biasanya hanya 50% terkumpul Alhamdulillah
bisa mencapai 100%.
Disini saya lihat ini juga menjadi terciptanya
hubungan Simbiosis Mutualisma ( hihihi seperti pelajaran IPA yaa !! ) sesama siswa . Bagi siswa pintar mereka
merasa senang dan bangga karena mendapat kepercayaan menjadi seorang guru bagi
teman temannya sehingga mereka terus tertantang untuk meningkatkan prestasinya
. Sedangkan bagi temannya yang dibantu , mereka jadi tidak malu
menyampaikan kekurangan dan pertanyaan
yang mereka belum mengerti . Alhamdulillah
Sebenarnya tulisan ini sudah kuedit dan kupoles
sana sini . Tapi buat idenya merubah gaya mengajar jadi menyenangkan dan semua
kelas berpatisipasi dalam berprestasi . Itu yang selalu kuajarkan dikelas ternyata , mahasiswaku yang sekaligus guru langsung
mempraktekkan . Wow keren , coba kalau semua guru terus berinovasi …. Yuuuk
Mauuuuu !!!
3 Komentar
Yuda Gustama
BalasHapusX TKR-4
Yogi Putra Fajar
BalasHapusX TKR 4
Ibnu Abdul Jarir
BalasHapusXII TKJ 4