Memiliki Kalian , adalah Hadiah Luar Biasa dalam Hidupku . . .


Malam ini sulungku abang Kemal pulang , subhanallah kangennya luar biasa . 3 bulan lebih sudah aku dan adik adiknya tidak berkumpul bersamanya . Dia memang mirip sepertiku , aktif dan tidak bisa diam dalam kegiatan di sekolahnya Ilmu Komunikasi Telkom University Bandung disemester 6  ini . Syukurlah . . .selama masih positif aku selalu mendukungnya . . .walau terkadang kami di Bekasi ini harus menahan rindu untuknya .

Tanggal 24 Juni besok tepat dia berumur 20 tahun . Memang sebelumnya dia bilang padaku," bu pilih tanggal 17 atau 24 abang pulang ? " , ya aku memilih tanggal 24 lah . . .karena sudah tradisi kami setiap tanggal lahir siapapun penghuni rumah ini , kami gunakan untuk kumpul dan makan bareng . Tidak ada yang istimewa memang , tetapi itu adalah hal yang wajib kami laksanakan , dimanapun, atau bagaimanapun sibuknya kami . Tidak ada hal yang membahagiakan kami selain kumpul dan makan bareng . Walau hanya dengan makanan yang sederhana sekalipun . Dan aku selalu berharap ini akan tetap menjadi tradisi meskipun nanti mereka sudah menikah kelak . Jangan pernah hilang . . .. . .bukan merayakannya yang utama, tapi manfaatnya yang sangat berkualitas bagi hubungan keluarga kedepan .

Jarak 4 tahun melahirkan 3 jagoanku yang sholeh , membuat mereka tumbuh dewasa bersamaan . Dan mereka dekat satu sama lain , alhamdulillah luar biasa . Hal yang sejak kecil selalu kutanamkan . Semarah apapun tetap ingat mereka bersaudara lahir dari satu rahim yaitu rahimku . Terlebih pengalaman dari keluarga alm ayahnya dan keluargaku , betul betul jadi pelajaran untukku membesarkan mereka . Aku tak ingin mereka besar dengan ego dan kesombongan yang akan merusak hubungan persaudaraan mereka . Adik itu gimana abangnya , kalau abangnya baik pasti adik adiknya mengikuti . Begitu juga adik adiknya selalu kutanamkan untuk mau belajar memahami abangnya . Sejelek dan bagaimanapun keadaannya, itu adalah abangnya , yang akan menjadi pengganti orang tua bila aku juga kelak tidak ada .

Bukannya tanpa masalah dan kesulitan aku menanamkan itu kepada mereka , terlebih dengan segala kekurangan dan kelebihan mereka bertiga . Membesarkan mereka sejak kecil secara bersamaan dengan segala keterbatasanku tanpa orangtua disampingku yang telah meninggalkan aku  sejak tahun 2001 , apalagi pembantu  aku tak mampu . Sejak ayahnya tidak lagi bekerja tahun 1998 membuatku harus fight mempertahankan ekonomi keluarga dengan kerja keras yang amat luar biasa . Bagiku tidak masalah yang penting suami dan anak anak mengerti aku begini untuk mereka , dan Allah bekerja amat luar biasa dalam hidupku dan keluargaku .

Tapi aku terus berkeras menanamkan kekompakan pada mereka . Apapun yang terjadi harus selalu ingat saudara, abang sakit, susah , senang  adik adik juga harus merasakan, begitu juga sebaliknya dengan adik adiknya , abangnya juga harus peka dan merasakan , jangan sampai ada  kejadian dulu atau berteriak dulu , baru mereka peka . Ibu nggak mau ya nak . . .ini mumpung ibu masih ada mendampingi kalian , begitu juga nanti kalau ibu tidak ada harus tetap tertanam .

Terkadang aku menggunakan sandiwara ,  kelemahan dan tangisanku untuk menyatukan mereka , disaat mereka sangat keras satu sama lain untuk mau mengalah . . .Alhamdulillah mereka jadi mau perduli . .walau aku kadang sedih harus begini , tapi aku tak pernah lelah mengingatkan mereka . Dan alhamdulillah , pelan pelan aku mulai menuai hasil , seiring kedewasaan mereka bertiga , sulung Abang Kemal Fathurrokhman 20 th , tengahku Abang Luthfi Ramadhan 18 th dan bungsuku Muhammad Malik Hussein 16 tahun . Kini aku bangga sekali pada mereka . Satu sama lain saling care , aware dan merindukan bila mereka lama tak jumpa . Bahkan mereka khusus memilih Line sebagai jalur chat dan komunikasi antar mereka bertiga . Kebahagiaan amat tak terkira buatku .

Seperti malam ini , sejak maghrib mereka saling berkomunikasi , abang luthfi anak tengahku memberitahukan , abang sulungnya Kemal minta dijemput , padahal dia sedang mengantarkan aku ke Naga Mall  untuk membeli keperluan makan makan menyambut milad sulungku yang ke 20 th ini . Tapi aku mengerti segera aku usai kan belanjaku tanpa berlama lama . Agar adiknya bisa menjemput sulungku . Begitu tibapun saat abangnya teriak lapar padaku , maklum sulung buka puasa dijalan hanya seketemunya ala kadarnya kata sulung . Adiknya no 2 mengajaknya untuk mentraktir makanan, ayo bang kalau mau ketoprak aku beli in katanya . Ha ha ha subhanallah . Indahnya persaudaraan antara mereka .

Aku yang sedang dikejar deadline koreksian mahasiswa Semester 6 UT UPBJJ pokjar Cempaka bekasi Selatan hanya bisa tersenyum dan mengiyakan saat mereka pamit . Lalu mereka pergi kembali berdua , biarlah mereka memuaskan rasa kangen kumpul sebagai adik kakak pikirku . Hingga tiba pukul 12 malam mereka belum pulang , aku agak khawatir, bungsuku sudah pamit tidur lebih dulu , terasa sepi jadinya rumah ini . Awalnya aku tidak terlalu merasakan mengingat pekerjaanku ini , namun jadi iseng juga . Sebuah chat masuk ke Whatssap ku . Ya aku dan sulung memang terhubung via WA , buatku lebih praktis . Bu jangan tidur dulu yaaa. ..  tunggu kita pesan sulungku . Yaa kataku . . Lega .

Setengah jam kemudian mereka pulang dengan membawa bungkusan pizza domino 2 bungkus besar . Yaa mereka tahu aku sangat suka makanan pizza, dan merindukan makan bersama lagi seperti waktu ada almarhum ayahnya dulu .Wah bang pasti mahal banget ini , kataku . . .terharu . Nggak lah buuu sekali kali kok kata abang Luthfi . Ini kita patungan bu, kata mereka dengan bahagianya . Luar biasa kompaknya , bahagia sekali aku mendengar itu. Mereka juga segera membangunkan adik bungsu mereka . Untuk bersama sama makan. Seperti itulah cara kami memaknai hari lahir penghuni rumah ini . Dan sampai sahurpun mereka kompak bertiga memasak hidangan sahur , spaghetti kesukaan sulung . Aku sama sekali tidak diijinkan mereka membantu, sudah ibu istirahat saja . . .biar kita kita saja . Duh ya Allah puji dan syukurku , atas karuniaMu yang sedemikian hebat untukku . Kelak aku dipanggil olehMu pun aku sudah siap . . .mereka akan saling mengasihi satu sama lain seperti keinginanku . Aku tahu kegiatan masak bersama adalah cara mereka saling melampiaskan kerinduan abang adik yang selama ini jarang bertemu .

Dalam sujud subuhku, aku menangis atas rahmat Allah yang indah ini , aku bersyukur dan bangga memiliki mereka ya Allah . Kutitipkan segala penjagaan, keamanan , kesehatan  dan keselamatan mereka bertiga , jadikan mereka Qurrota Ayyunku Dunia Akhirat . Luruskan mereka selalu dijalanMu ya robbi . Jadikan mereka Al waladun sholehku nanti . . .amiiin ya robbal 'alamiiiin




Griya Tambun , 24 Juni 2015 Bahagia itu adalah sederhana . . . . memiliki kalian sebagai semangatku !!

Posting Komentar

10 Komentar