BANK SOAL UTS TELAAH KURIKULUM



MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH

mahasiswa akan menjawab menjawab soal-soal berbentuk Benar – Salah (B/S) sebagai berikut:

1.     Secara etimologis, kurikulum diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari (B/S)
2.    Pengertian awal kurikulum berasal dari dunia bisnis dan kemudian diadopsi ke dalam dunia pendidikan (B/S)
3.    Pengertian curriculum sama artinya dengan curriculum vitae (B/S)
4.    Kurikulum berasal dari kata dalam Bahasa Latim ”curir” yang artinya pelari, dan ”curere” yang artinya ”tempat berlari” (B/S).
5.    Perilaku dan kegiatan pendidik yang secara langsung maupun tidak langsung menjadi pengalaman belajar peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) (B/S)
6.    KTSP merupakan national curriculum (B/S)
7.    Pada tahun 1940-an, lembaga pendidikan di Indonesia telah mulai menggunakan istilah kurikulum (B/S)
8.    Perubahan kurikulum merupakan keinginan dan kebijakan dari menteri pendidikan atau para pengambil kebijakan pendidikan (B/S)
9.    Rencana Pengajaran 1947 sesungguhnya bukan kurikulum (B/S)
10. Kurikulum untuk lembaga pendidikan sekolah/madrasah lebih baik tidak perlu diubah-ubah sehingga menimbulkan kesan berubah menteri berubah kurikulmnya (B/S)
11.  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran dalam Integrated Curriculum (B/S).
12. Model pembelajaran tematik yang diberikan di kelas awal Sekolah Dasar merupakan pelaksanaan dari Separated Curriculum (B/S)
13. Sejarah merupakan mata pelajaran dalam Separated Curriculum (B/S)
14. Sains merupakan mata pelajaran dalam Corelated Curriculum (B/S)
15. Proses pengajaran dan pembelajaran sesungguhnya dalam disebut sebagai kurikulum faktual (B/S)
16. Tujuan pendidikan nasional terlepas dari makna, pengertian, atau definisi kurikulum, baik dokumen kurikulum maupun proses pengajaran (B/S)
17. Perenialisme dan esensialisme merupakan aliran progresif dalam kurikulum (B/S)
18. Aliran perenialisme dan esensialisme kedua-duanya mementingkan mata pelajaran yang dapat mengembangkan intelekualitas dan transfer budaya atau transfer of culture (B/S).
19. UU Nomor 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa kurikulum adalah "seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaranserta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu” (B/S)
20.Dokumen kurikulum merupakan kurikulum yang bersifat faktual (B/S)
21. Proses pengajaran dan pembelajaran merupakan kurikulum yang bersifat ideal (B/S)
22.Kurikulum sebagai dokumen dan proses pengajaran di dalam kelas, keduanya diusahakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan (B/S)
23.Aliran rekonstruksionisme menekankan kurikulum pada aspek transfer budaya intelektualitas masa lalu (B/S).
24.Pemberian mata pelajaran teknologi informasi dalam pendidikan sekolah di Indonesia memberikan indikasi bahwa Indonesia juga menganut aliran rekonstruksionisme dalam kurikulum (B/S)

25.Aliran rekonstruksionisme termasuk aliran konservatif dalam kurikulum (B/S)

Posting Komentar

0 Komentar