Ringkasan Mata Kuliah Telaah Kurikulum Matematika Sekolah menengah

rppkurikulum2013lengkap.blogspot.com
            Proses belajar-mengajar atau proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.tujuan pendidikan pada dasarnya adalah mengantar para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah-laku,baik intelektual, moral, maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan mahluk sosial.

Para calon guru harus memiliki pemahaman yang mendalam bahwa guru mempunya posisi sentral dalam sistem pendidikan nasional. Ada tiga komponen utama dalam sistem pendidikan nasional, yaitu: 

(1) peserta didik; 
(2)  guru, dan 
(3) kurikulum.

Dalam proses belajar mengajar, ketiga komponen tersebut mempunyai  hubungan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Tanpa peserta didik, guru tidak akan dapat melaksanakan proses pembelajaran. Tanpa guru para siswa juga tidak akan dapat secara optimal belajar. Tapa kurikulum, guru pun tidak akan mempunyai bahan ajar yang akan diajarkan kepada peserta didik. Dengan demikian, tanpa kehadiran salah satu komponen tersebut, proses interaksi edukatif tidak akan terjadi.

Antara kurikulum dengan pembelajaran ibarat dua sisi mata uang. Kurikulum adalah konsepnya. Pembelajaran merupakan pelaksanaannya. Mata kuliah Kurikulum dan Pengembangan Materi Pembelajaran ini mencakup dua hal penting: (1) kurikulum, dan (2) pengembangan materi pembelajaran dan penerapannya dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.


 Setelah mengikuti kegiatan perkuliahan dalam mata kuliah Kurikulum dan Pengembangan Materi Pembelajaran, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1.    Memahami pengertian kurikulum; 
  2.  Memahami definisi kurikulum
  3.  Memahami komponen utama kurikulum;
  4.  Memahami proses pengembangan kurikulum;
  5.  Memahami macam-macam kurikulum;
  6.  Memahami hubungan antara kurikulum, pengajaran, dan tujuan pendidikan;
  7.  Memahami sejarah perkembangan pembelajaran matematika  di Indonesia;
  8.  Hakikat Pengajaran Matematika
  9.  Struktur pengajaran Matematika
  10.  GBPP Matematika Kurikulum 1984 
  11.  GBPP Matematika Kurikulum 1994
  12.  Memahami Kurikulum 2004 KBK 
  13.  Memahami Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  14.  Memahami silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)                                             Untuk Lebih lengkapnya Ringkasan Materi bisa di unduh di SINI 


Posting Komentar

1 Komentar

  1. MAAF... BOLEH MINTA SEJARAH DAN LANDASAN KURIKULUM DI INDONESIA? TERIMAKSI...

    BalasHapus