KETIKA THR BERSEMI DI IDULFITRI



Ada nggak ya yang memberikan tehaer, kalau kita wiraswasta atau pengusaha?  Sekedar bingkisan berbalut kerinduan ibadah dalam kenyataan? Sepertinya kompak nih semua menjawab, nggak! He he, santuy kata anak sekarang. Sans ae kata anakku bungsu. Beda-beda cara menyatakan kata santai aja, Mak. Kurang lebih begitu.

THR itu apa saja sih? Kataku menggodanya, itu Buu  Tunjangan Hari Raya. Tunjangan Hari Raya atau biasa disebut THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia. THR ini wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan (wikipedia.com)

Apakah sekali lagi ini hanya ada di Indonesia? Bersyukurlah sahabat, ukhtie, Mak-mak teman dunia mataku. Berarti di Indonesia banyak hal yang dilakukan tetapi tidak dipunyai oleh negara lain. Setelah libur tanggal merah, cuti bersama, dan kini THR spesial yang dimiliki oleh kita bangsa Indonesia. Buat saya yang juga sekaligus pengusaha atau founder bisnis pribadi sudah melakukan itu sejak merintis bimbingan kursus dan belajar Nurul Amanah yang tahun ini jelang 12 tahun.

Walau hanya sekedar bingkisan atau beberapa rupiah untuk menyatakan keriaan atau suka cita datangnya hari raya idulfitri. Cerita pengalaman menjadi tenaga pengajar atau pendidik di berbagai unit kerja dan lembaga. Berapapun nilainya selalu kusyukuri. Sesungguhnya ketika memahami posisi para pengusaha, pemilik yayasan, dan sebagainya, sesungguhnya tehaer adalah bentuk syukur yang bernilai ikhlas. Bukan sesuatu pemaksaan yang akhirnya jatuhnya memberatkan.

Ketika sesuatu itu diberikan dengan ikhlas, maka penerimanya wajib bersyukur dan mendoakan agar perusahaan, yayasan, koorporasi, tempatnya bernaung selama ini diberikan rezeki berlimpah dan memberikan peluang kesempatan sebesar-besarnya kepada kita karyawannya. Kesadaran dari keduanya adalah wujud dari kelanggengan suatu usaha atau berjalannya perusahaan.

Bentuk perwujudan motivasi perusahaan atau yayasan kepada kita orang-orang yang menjadi ujung tombak berjalannya usaha, bukan hanya sekedar THR semata. Masih ada bentuk lain seperti, kenaikan gaji, insentif pegawai, hadiah karyawan terbaik, dan masih banyak lagi. Untuk itu berapapun besarnya disyukuri bahwa masih ada kepedulian, atas kerjasama selama ini.

Jadi, THR kali ini sudah dapat belum? Mau dipakai apa? Mudik?  . . .

#Daytwentyfive
#RWC2019
#OneDayOnePost

Posting Komentar

0 Komentar