KEMBALI KEPADA KELUARGA

Bismillah hirrohmanirrohiim. 
Assalamualaikum wr wb

Seperti janji ms Juli semalam, mulai pagi ini menuliskan hikmah positif di balik Pandemik Covid-19. 

Sahabat, manteman yang ms Juli hormati, di balik semua efek akibat musibah Covid-19. Ada hal luar biasa ibroh atau pelajaran yang ingin Allah design, lebih besar dari sisi musibahnya itu sendiri. 

Terbayangkah, kita semua kini kembali pada fitrah sebagai manusia yang cenderung pada keluarga? Pandemik membuat kita kembali merapat, santai selama satu hari penuh tanpa harus menunggu weekend, yang bahkan libur pun sibuk dengan kegiatan masing-masing mengalahkan kesibukan para pengusaha.  

Pagi sudah ditingkahi dengan drama apapun, untuk membangunkan keluarga yang mungkin pulang malam, begadang sibuk dengan gamenya masing-masing, atau berkutat dengan tugas kelompok dan sebagainya. Begitu jam sibuk rumah sudah kembali kosong dengan segala aktifitasnya. Baik anak maupun orang tua. Dan baru kembali ramai jika sudah menjelang malam atau istirahat, itupun kembali tenggelam di kamar masing-masing dengan gadget yang rasanya menjauhkan satu sama lain, terasa asing. 

Alhamdulillah dengan adanya Pandemik Covid-19 ini, manusia bumi dipaksa untuk berdiam diri saja di rumah. Merasakan sentuhan, komunikasi, makan bersama, mengaji, belajar bareng, konsultasi dan lainnya yang sebelum Corona adalah pemandangan langka. Melakukan pekerjaan dan pembelajaran semua berangkat dari rumah. 

Ini adalah kesempatan bagi kita sebagai orang tua untuk kembali menata kehidupan keluarga termasuk anak-anak. Mengamati, berdiskusi, mencari solusi bagaimana menyikapi tumbuh kembang anak-anak, yang selama ini luput akibat kelelahan dengan kesibukan di luar. Tidak ada lagi alasan apapun, apalagi kondisi ini diperpanjang hingga 29 Mei nanti. Terbayangkan keindahannya? 

Jangan keluhkan makanan yang cepat habis, atau keramaian yang tak henti sejak pagi hingga menjelang tidur, entah karena canda atau pertengkaran satu sama lain sebagai pengikatnya. Kuota internet, listrik yang membengkak karena semua bekerja, bermain, belajar di rumah. Takkan terbayar kebahagiaan ini dibandingkan dengan kesepian rumah yang hanya menjadi tempat persinggahan sementara saja. 

Jangan mengeluh ya manteman Allah tidak akan memberikan musibah ini tanpa arti dan kesia-siaan semata. Pasti ada hikmah besar yang ingin dibangun Allah untuk kita. Di balik kesulitan, ujian, musibah  pasti ada kemudahan, yang akan melahirkan jiwa-jiwa tangguh dan kreatif yang mencintai keluarganya. Anak-anak kembali merasakan masakan bundanya, atau celoteh ayahnya sepanjang waktu tanpa harus menunggu libur. 

Selamat pagii ...

#hikmahmusibah
#kawalcovid19
#dirumahaza
#learnfromhome
#workfromhome
#dayone

Posting Komentar

0 Komentar