Self Reminder For Syawal


Yang gampang itu nyalahin, nyinyirin orang. Yang susah? Nyalahin dan intropeksi diri sendiri. 

Permainan bola yang ramai adalah penontonnya. Yang dengan mudah berkata "GOBLOK" masa begitu saja nggak bisa. Astaghfirullah, nanya donk kalau kita yang jadi pemain bola apa lebih baik yak dari dia? Maklum mulut dan lidah ini diciptakan tak bertulang. Jadi mudah sekali untuk bicara. 

Mereka saja yang sudah berlatih keras dan intens saja masih salah, gimana kitaaaa ya yang nggak pernah main bola. Pengalaman pribadi brow and sist, lelah hayati mengejar sikulit bundar itu. Maklum bukan pemain futsal bentukan, tapi dadakan. Besok-besok ogah main futsal kalau 17 an ah hihi

Tangan 10 jari kalau perlu menunjuk semua kesalahan orang, tapi 1 saja telunjuk menunjuk diri . . .heu SUSAH. Tapi semut di seberang mata lebih tampak daripada gajah di pelupuk mata kita. Pertanyaannya? Kalau semua salah, apa kita juga selalu benar? Itu yang sering menjadi pertanyaan diri ini. Kan manusia tempatnya salah, jadi bukan melihat kesalahan sedikit terus jadi bulan-bulanan berbulan-bulan. 

Intinya apa sih di weekend ini, ceritanya lagi muhasabah sama diri sendiri, di masa-masa Syawal 2020 setelah Ied Mubarak, intinya. Puasa 6 hari selama bulan Syawal.  Duh nyampe nggak yaa? Umur dan kesehatan? Bismillah sampe inshaallah, selftalk dengan upaya mengumpulkan keberanian membersihkan diri, siap masuk ke dalam kawah candradimuka puasa Syawal fisik dan hati. 

Membersihkan diri dan badan ini dari kotoran-kotoran yang menggumpal selama ini menyumbat hati, pikiran, dan raga. Bersyukur punya Bulan Ramadhan sebagai wadah untuk menyucikan dan mendirikan diri. Walau setiap hari kita diajarkan untuk memohon ampun atas segala kesalahan diri berupa MUHASABAH yang dilakukan sebelum tidur. Berarti nggak kaget dong? Sekalian membersihkan organ dari segala sampah emosi dan makanan kurang sehat selama Lebaran ini. 

Bersyukur banget menjadi muslim dan memiliki Ramadhan dan Syawal, selanjutnya ada banyak puasa sunah lainnya seperti Senin kamis, 3 hari dalam sebulan, puasa Daud dan lainnya. Bulan yang paling ditunggu setiap tahunnya dengan harap-harap cemas (iih kaya jodoh aja ya) karena satu bulan full, dan jika jumpa subhallah beruntungnya. Iyalah . . .masalahnya sampe nggak umur dan kesempatan kita, itu pertanyaannya sahabat. Jadi, kita puasa Syawal nih hari ini? 

#selfreminder
#muhasabahsyawal
#puasayuk

Posting Komentar

0 Komentar