Indonesia Banget Sih

Salah satu DM, WA, atau kata-kata yang selalu diingat siswa saat ketemu dengan saya adalah ini "Indonesia Banget sih!" 

Ya, entahlah saya lupa sejak kapan jargon ini mulai digulirkan kepada mereka. Tapi nggak penting juga mengingat wong INI BUKAN UJIAN kan, yaaa. Ada sejarahnya juga loh kenapa saya bicara ini di sekolah. Sebagai pendidik yang mengajarkan karakter atau moral kepada siswa, terkadang saya gemas banget dengan keadaan. 

Seharusnya kan bisa bersinergi untuk menciptakan karakter bagus di sekolah. Soalnya mereka paham betul, saya ingin kebersihan-kedisiplinan-kejujuran jadi pondasi dasar. Pintar bisa didapat tapi ketiga hal di atas harus dibentuk sebagai KESADARAN. Sampe hastag saya selalu #kesadaran. Walau mereka protes kenapa sih mis bilang gitu melulu? Memang mis bukan orang Indonesia? 

"Ms bangga jadi orang Indonesia, tapi Indonesia yang berkarakter bagus. Karena Indonesia terlalu bagus untuk dijelekkan dengan karakter moral yang nggak bagus dan jadi fenomena saat ini" itu, yang selalu saya jawab. Jadi hampir 33 tahun mengajar, nggak aneh kalau saya terus memotivasi di awal jam mengajar. Masuk kelas itu, 5-10 menit pasti habis untuk mengkondisikan kelas, menyamakan gelombang dan visi mereka ke depan. 

Sudah siapkah diri menerima pelajaran, baju masuk rapih, cek gesper, kelengkapan sekolah. Kalau sudah, lingkungan belajar bagaimana? Masih ada sampah nggak, ingat sekecil apapun sampah sumber penyakit. Pungut, bersihkan. . . . Tanpa bosan selalu mengingatkan. Bahkan saking diingatnya, dari kejauhan mereka sudah merasa duluan, "Ada mis Juli . . .ada mis Juli" wkwkwkw suka ketawa sendiri kalau ingat itu. Nggak aneh di liburan ini ms kangen itu dari mereka. 

Hhhhhh, sudah mau penghujung 2022 dan melangkah tahun 2023 . . . .perlu dievaluasi nggak yaaa cara saya, menumbuhkan budaya itu Maak, Mbak, Mas? Sungguh, mereka adalah inspirasi saya untuk #statuscantik saya pagi ini. Semangat jadi meletup bila ingat jargon-jargon yang mereka lontarkan . . .mengingatkan saya. Ahhayyyyy 

#KSCREUNION
#day7
#msjuliitsme
#proudetobeteacher
#kesadaran
#karakterokepintarmengikuti
#motivatorpendidikan

Posting Komentar

0 Komentar