Gemes aku, muridku ketakutan UKK Matematika nanti bentuknya bilingual



Hari ini seperti biasa aku mengajar privat dirumah. Muridku anak anak smp kelas 1 bilingual katanya. Walau pada kenyataannya latihan , pengajaran dan ulangan jarang ber inggris ria.

Selesai memberi latihan dan penbahasan seorang muridku berkata bahwa dia dan teman temannya diberi soal latihan tahun lalu dalam bentuk bahasa inggris. Aku lalu berkomentar," mbak memang gurunya keseharian mengajar dalam bahasa inggris ?" Ia menggeleng. Latihannya bahasa inggris ? Kutanya lagi, dia menggeleng. Ya ampuuun maksain banget sih ? Lalu apa yg diharapkan dr kalian ? Nilai jelek ? Bagaimana ini ?

Esoknya saat kutanya , ternyata dalam bentuk bahasa indonesia. Tapi anakku sudah pada stress duluan , waduh ....
. Dunia pendidikan sukses mengkerutkan semangat anak bangsa , bukan membangkitkannya

Pengalamanku mengajar disebuah sekolah terkenal yang memintaku mengajar dikelas 3 dan 4 untuk mengajar matematika dengan menggunakan bahasa Inggris baik mengajarnya , latihannya maupun ulangan . Tetapiiiii sayangnya dikelas 5 justru buku dan mengajarnya kembali dengan bahasa indonesia total . Dengan alasan bahwa mereka dipersiapkan untuk menghadapi pelajaran dikelas 6 ataupun UN yang dibuat oleh Diknas . . . olala . bagaimana ini . . .

Posting Komentar

0 Komentar