Berani Jujur Itu Hebat . . .


Slogan ini rasanya hampir jauh dari kehidupan masyarakat kita ,  terutama peserta didikku . Mengapa kukatakan begitu . Betapa tidak , Menjadi pendidik dilingkungan yang saat ini kejujuran jadi barang yang amat mahal lebih dari nyawa siapapun . Oh MG helloooo , haruskah aku terpuruk menyerah untuk menegakkan ini atau larut bersama keadaan demi mencari selamat dan aman sendiri ? Oh no. .
Yang terjadi dilapangan adalah keinginan menghalalkan segala cara seperti menghadapi ulangan dengan menyontek atau diberi PR copy paste , memang tidak semua sih  . .tapi pada umumnya . .ah sudahlah . Hadeeeeh padahal ga bosan aku selalu mengingatkan . Menyadarkan . . .

Buat semua anak anakku,  dan anak anak Indonesia  yang hari ini melaksanakan ujian nasional senin 4 mei sampai kamis 7 mei. Ingat ujian bukan penentu kelulusan jadi tidak perlu membabi buta menghalalkan segala cara, tergoda malaikat subuh yang menawarkan cara sesaat utk sukses. Tapi juga bukan berarti harus santai , 3 tahun belajar UN inilah jadi tonggak terakhirnya kamu bisa memberikan hasil yang terbaik untuk orangtuamu, guru yang mendidik, dan sekolah tempatmu belajar . Sebagai tahapan awal melangkah menuju jenjang yang lebih tinggi dan meraih kedewasaan berfikir dan menimba ilmu .

Akan selalu ada yang menggoda dan memancingnya untuk jalan pintas tanpa harus susah payah dan jelas dengan uang  untuk mendapatkan itu juga . . . . Tidak ada yang gratis  .untuk apa? Katakanlah berani jujur itu hebat !! Yang penting sudah berusaha maksimal , ikhtiar bersungguh sungguh  menyiapkan UN dan mengerjakan . Namun hasilnya serahkan kepada Sang Maha . Dia lebih tahu yang terbaik untukmu . .

SMA sudah dan diwarnai kebocoran serta kecurangan .  . Walau tidak semua . Belum lagi ada oknum dan  tutor bimbel yang coba menawarkan rupiah untuk lembar soal per hari yang bisa kamu tebus ke dia . Jangan ya nak ..untuk apa kamu menghianati hati nuranimu  sendiri . Sekali lagi . .UN adalah evaluasi , hasil belajarnya 3 tahun itu saja . Kelulusan mu ditentukan oleh sekolah .

Aku sendiri sebagai guru  meniru cara guru tradisional saja ,  hadir walau hujan  , malas sekalipun  , tugas dikerjakan seberat apapun sesulit apapun yang penting niat dan usahamu -  tidak penting hasil , dan sikapmu yang baik serta santun jujur pada diri sendiri . Yakin KKm  atau nilai 75 standar  sudah ditangan . Apalagi jika usahamu maksimal lebih baik lagi hasil pasti diatas standar.
Tidak perlu nilai sempurna , yang penting berproses dan usaha maksimal , 

Mulailah berubah . .cara belajar dan berfikir kedepan . .agar dunia bisa kau rubah . Kalau dirimu sendiri tidak mau berubah bagaimana dunia hendak kau rubah ? Sukses akan kau genggam . " Jangan pernah jadi maling dinegeri maling sekalipun"  . Itu nasehat papaku . . .artinya walau sekitarmu bersistem rusak, korupsi , kolusi , nepotisme . .janganlah kamu ikut jadi bagian mereka . Sukses akan nikmat bila dimulai dari nol hingga kau capai .


Sekali lagi tanamkan pada dirimu , Berani Jujur itu HEBAT !! Ayo kawan kawan pendidik kita bersatu untuk merubah karakter akibat UN berpuluh  tahun menciptakan mental mental seperti itu . Bagaimana korupsi dapat kita tegakkan . .kalau mental curang ini yang kita tegakkan .  . .aku yakin hati nurani kita berfikir sama ! Pasti . . .


Posting Komentar

8 Komentar