SOAL UTS ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR ( ISBD )


  • Potret Buram Generasi Kita

Geng motor, akhir-akhir menjadi fenomena sosial yang menjadi perhatian, karena meresahkan masyarakat, terutama di Jawa Barat, daerah yang diketahui paling banyak memiliki komunitas pengendara motor brutal ini. Kehadiran geng motor melengkapi bentuk kenakalan remaja kita, setelah selama ini masyarakat sudah banyak dipusingkan aksi dalam bentuk lain, seperti tawuran antar pelajar, pembajakan angkutan umum, sampai hal-hal yang menjurus kriminal. Inilah potret buram generasi muda, yang digadang-gadang pemilik masa depan bangsa ini. Inilah Jejak Kasus.
Generasi muda brengsek. Ucapan itu sering kita dengar, meski tak selalu benar, tapi stigma buruk itu bukan tanpa dasar, setidaknya bagi mereka mereka yang melihat langsung aksi para remaja kita di jalanan, terutama dalam bentuk tawuran antar pelajar.
Banyak yang menganggap, prilaku remaja, termasuk pelajar akhir-akhir ini bukan lagi bentuk kenakalan, tapi sudah menjurus kriminal. Terlebih lagi, mereka kerap menggunakan senjata tajam dalam aksi-aksinya. Sopir-sopir angkutan umum, boleh jadi adalah pihak yang paling sering merasakan dampak tindakan mereka.
Banyak yang menuding, prilaku destruktif remaja ini erat kaitannya dengan model pendidikan saat ini, yang cenderung mengedepankan nilai akademik, ketimbang penanaman budi pekerti. Kegiatan ekstra kurikulerpun dianggap kurang menarik sehinga banyak siswa remaja yang lebih memilih menghabiskan waktu di luar, di mana mereka bertemu dengan situasi dan lingkungan yang tidak terkontrol dan mendukung perkembangan jiwa muda mereka.
Kini masyarakat dikejutkan dengan prilaku jalanan bernama geng motor. Sekumpulan anak-anak muda penggemar motor, melakukan tindakan liar, tidak lagi sebatas kebut-kebutan tapi mengarah pada tindakan perusakan, yang pada akhirnya meresahkan di masyarakat.
Prilaku jalanan geng motor, sebenarnya bukan hal baru, apalagi bagi masyarakat Kota Bandung. Aksi main kebut dan cenderung brutal, sudah ada sejak 10 bahkan belasan tahun yang lalu. Tindakan mereka memang kerap meresahkan. Tidak jelas mengapa, aksi mereka yang beberapa tahun sempat meredup, kini muncul lagi, dan melakukan tindakan lagi-lagi
meresahkan, bahkan makin memprihatinkan, karena aksi mereka dibarengi minum-minuman alkohol.
Bandung. Dari dulu memang akrab dengan aksi balapan motor. Di kota ini minat anak-anak muda pada balapan memang sangat tinggi. Jangan heran, dari kota ini, lahir beberapa nama pembalap handal.
Lapangan Gasibu, bagi masyarakat Kota Bandung seperti identik dengan arena balap motor. Setiap sore, terutama pada hari Minggu, masyarakat bisa melihat aksi-aksi para remaja adu pacu dengan kendaraannya. Tingginya minat remaja pada balap motor juga bisa dilihat dengan banyaknya bermunculan klub-klub motor yang umumnya beranggotakan remaja SMP dan SMA. Jika di Amerika Serikat atau Eropa, masyarakat dunia mengenal klub motor seperti Hell`s Angels, Outlaws, Pagan, Comanceros atau Bandidos, di Bandung setidaknya ada empat klub motor yang tergolong besar dan sampai kini masih eksis, yakni Moonraker, Exalt To Coitus atau ETC, Grab On Road atau GBR dan Brigade Seven atau Brigez.
Klub-klub motor itu umumnya didirikan oleh para mantan pembalap, atau setidaknya yang senang balap motor. Moonraker misalnya, lahir tahun 1978. Nama Moonraker diambil dari judul film James Bond di tahun itu. Bendera mereka berwarna merah-putih-biru dengan logo kelelawar. Awalnya anggota cuma segelintir tapi lama kelamaan terus bertambah, bahkan kini, konon, mencapai ribuan orang. Mereka bahkan memiliki cabang di beberapa daerah di Jawa Barat, seperti Cirebon, Tasikmalaya dengan berpusat di Bandung.
Seperti Moonraker, klub lain, ETC, GBR dan juga Brigez yang lahir beberapa tahun setelahnya, memiliki sejarah kelahiran yang relatif sama, dari kesamaan hobi para pendirinya, yakni balap motor, lengkap dengan warna bendera dan logo masing-masing. Yang menarik, klub-klub motor ini lahir dari komunitas remaja sekolah. Sebut saja Brigez, didirikan dari para siswa SMU 7 Bandung.
Sayang, dalam perkembangannya, aksi-aksi balap mereka kerap dituding berlebihan dan meresahkan, bahkan kemudian mendapat sebutan sebagai geng, geng motor, yang tentu saja berkonotasi negatif. Untuk masuk menjadi anggota, mereka memiliki ritual sendiri, dengan mengambil tempat jauh dari keramaian.
Adalah aparat kepolisianlah yang akhirnya sering dibuat repot, terlebih dalam aksinya mereka kerap kedapatan dalam keadaan mabuk. berbagai razia dilakukan, dan hasilnya, tidak saja didapati banyak dari kendaraan motor mereka yang tidak dilengkapi surat-menyurat, tapi juga kerap didapati senjata tajam. antar anggota geng, kadang kerap juga terlibat bentrok.
Tindakan anggota geng motor, tidak saja meresahkan masyarakat tapi juga merugikan klub-klub motor lain yang merasa tidak terlibat dalam aksi negatif. Prilaku para remaja ini, tentu saja sangat mengkhawatirkan, karena sebagai generasi muda, merekalah yang kelak diharapkan menjadi penerus, pemilik masa depan bangsa ini.
Prilaku jalanan kalangan anak-anak muda ini, menurut banyak kalangan, harus dilihat secara menyeluruh. tanpa bermaksud membenarkan, tindakan negatif negatif mereka tidak lepas dari faktor-faktor di luarnya. Sejak sepak terjang geng motor marak diekspose media massa, tidak mudah lagi menemukan aksi-aksi anak muda ngebut di jalanan dengan segala tingkah polahnya. Apalagi aparat kepolisian, seiring banyaknya pengaduan masyarakat, makin menggencarkan tindakan dalam bentuk razia-razia.
Tak mudah menghentikan aksi para remaja di jalanan ini, baik dalam bentuk kebut-kebutan seperti geng motor maupun aksi tawuran yang kerap terjadi di kota-kota besar. Terbukti, aksi-aksi tegas yang coba dilakukan petugas kepolisian, tidak menghentikan prilaku destruktif itu. Tawuran tetap saja terjadi dan kebut-kebutan masih saja dilakukan.
Karena keberadaan mereka, tidak semata soal kegemaran membalap motor, tapi terkait banyak hal. Salah satunya, menurut Dadang S, seorang kriminolog, ekspresi para remaja itu mencari perhatian dan pengakuan. Boleh jadi hal itu karena tidak mereka dapatkan di rumah. Dadang mengambil contoh perkelahian para anggota geng motor di arena balap.
Senada dengan Dadang, pakar pendidikan Arief Rahman menilai maraknya prilaku remaja tersebut tidak lepas dari minimnya sarana yang bisa menyalurkan bakat mereka di sekolah. Sekolah, menurutnya, harus bisa menyalurkan bakat dan kemampuan muridnya, agar sang murid tidak menghabiskan waktu di luar, apalagi di jalanan.
Pertanyaannya : Sebagai mahasiswa , bagaimana menurut anda atas cerita tersebut diatas ? berikan pendapatmu dan bagaiaman solusi dari permasalahan tersebut diatas Baik 
  • Dadang maupun Arief melihat, memecahkan masalah ini bukan semata tugas orang tua dan lembaga pendidikan, karena bagaimanapun ini terkait dengan kebijakan, di satu sisi, dan ekspos media di sisi lain.

Kita memang tak semestinya saling menyalahkan, karena semua ini kesalahan kita bersama, kesalahan kita sebagai bangsa yang mengaku beradab. Kita harus mengambil langkah, tidak mesti dengan menghukum, tapi tepatnya memberi pengarahan. Karena bagaimanapun, suka tidak suka, merekalah generasi penerus, pelaku masa depan.
Menurut anda , Langkah bijak seperti apa yang harus diambil selaku masyarakat yang perduli atas realitas atas 10 Penanda zaman yang anda pelajari ?
  • Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya bangsa. Menurut Saudara, bagaimanakah cara terbaik untuk melestarikan budaya bangsa yang positif dan menjadi identitas khas bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain? Dan, bagaimana pendapat saudara mengenai kekhasan dan keistimewaan 4 daerah di Indonesia yang pernah menjadi perdebatan publik, terutama untuk Daerah Istimewa Yogyakarta ?

  • Agama merupakan tali pengikat sosial masyarakat, tetapi agama dapat pula menjadi pemicu konflik di masyarakat. Apa pendapat saudara terhadap pernyataan tersebut?

  • Sebutkan 7 unsur kebudayaan yang bersifat universal! Jelaskan menurut pendapat saudara !!

  • Apakah interaksi sosial yang berlangsung bersifat positif bagi kehidupan manusia? Bagaimana syarat sebuah pengetahuan untuk dapat ditingkatkan menjadi sebuah ilmu? Jelaskan satu contoh problema lingkungan hidup dan problema sosial saat ini!

  • Apa perbedaan etika dan estetika ? Jelaskan menurut jawaban saudara !!

  • Strategi Pengembangan Karakter melalui pembelajaran , dikuatkan pada mata kuliah Pendidikan agama, Pendidikan Pancasila , Pendidikan Kewarganegaraan , Ilmu Alamiah Dasar (  IAD ) dan Ilmu Sosial Budaya Dasar ( IAD ) , bagaimana menurut pendapat saudara ? Setuju kah , jelaskan !!

  1. 1. Jawaban di kirim via Email ,
  2.  . Klipinglah 4 buah pemberitaan di suatu media /boleh via searching tentang interaksi sosial yang bersifat: kerja sama (cooperation), akomodasi (accomodation), persaingan (competition), dan pertikaian (conflict). Uraikan pendapat Anda mengenai pemberitaan tersebut ! menurut pendapat anda . File terpisah dan dikirim  via email terpisah juga . paling lambat tanggal 8 November 2015 Pukul 24.00

Posting Komentar

1 Komentar