MPLS Menyenangkan itu Hanya di SMK Yadika 13

Setelah sebulan vakum dari kegiatan, SMK Yadika 13 kembali siap dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Panitia, Dewan guru dan OSIS SMK Yadika 13 Tambun siap menyambut kegiatan ini dengan semangat dan etos kerja baru. Sebagai bagian dari PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) 2017-2018.

 

Alhamdulilah tahun ajaran baru ini kami mengalami peningkatan hampir 15 perpsen dari penerimaan kami di tahun ajaran 2016-2017 sebelumnya. Ditengah kelesuan, kejenuhan dan  berkurangnya akan minat siswa terhadap dunia SMK, Alhamdulillah ini menjadi angina segar bagi kami yang bernaung di lembaga ini. Dibawah kepemimpinan kepala Sekolah baru Novita Yusnaini, SS tahun ini menjadi tonggal awal kembali meletakkan tujuan semula SMK yadika 13 Tambun ini hadir ditengah pemukiman warga dan berada pada lokasi yang cukup strategis. 

Menjadikan siswa-siswi SMK bukan sebagai SMA ketrampilan, tetapi Sekolah Kejuruan yang akan siap pakai di dunia Industri setelah kelulusannya nanti. Dengan karakter dan mental yang kuat, memiliki jiwa tangguh dalam menghadapi kerasnya dunia kerja Industri nantinya. Tentu ini bukan hal yang mudah, butuh kerjasama semua pihak stake holder terkait. Tidak mungkin semua program sebaik apapun jika tidak adanya kerjasama semua stake holder terutama di SMK Yadika 13 Tambun.



Tahun ini semua tekad dan rencana dimulai dari program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)  yang menyenangkan sebagai awal dari semua program. Bagaimana siswa nyaman berada di sekolah, tanpa merasa takut dengan pelajaran atau pun bullying. Baik dari kakak kelas maupun guru di sekolahnya. Semua pihak harus berusaha menjaga kesinambungan system yang terus dibentuk keberadaannya, agar eksistensinya nanti terus ada. Masalah itu akan selalu ada, tetapi yang akan dituju adalah bagaimana system itu berjalan sehingga terbentuk pula kebiasaan dan budaya baik di SMK Yadika tercinta ini, sebagai rumah ke-2 dari guru dan siswa.


Kegiatan selama 5 hari adalah apel hari pertama,  siswa baru bersama seluruh siswa siswi SMK kelas XI dan XII. Setelah itu perkenalan dengan para mentor dan kegiatan lebih kearah sosialisasi dan persiapan pembukaan MPLS secara resmi di hari ke-3 Rabu, 19 Juli 2017. 





Dan hari ketiga ini di tahun ajaran baru MPLS dibuka dengan meriah, dimana guru-guru sampai Kepsek perempuan kami  menggunakan baju daerah sedangkan bapak-bapaknya memakai batik. Alhamdulillah wajah-wajah antusias sangat terasa, perkenalan guru-guru oleh kepsek semua disambut suka cita oleh para guru dan siswa baru. Tak kenal maka tak sayang itu prinsipnya. Begitu juga, Wakasek Kurikulum Suci Widiarti, S.Pd memperkenalkan program kurikulum selama setahun. Tak lupa Wakasek Kesiswaan Dani Setiawan, M.Pd memperkenalkan para Pembina di bidang kesiswaan yang nantinya lebih banyak ke pembinaan siswa.

 
Hari Ke-empat semua guru dan siswa baru  membuka acara hari ini dengan senam. Dibimbing oleh instruktur senam yang merupakan orangtua siswa alumni kami kak Raka Siwi. Semua jadi menyenangkan dan hangat suasana.Hari terakhir, siswa melakukan bakti sosial kerumah-rumah warga tidak mampu, sebagai tanda, bahwa kita tidak bisa lepas dari lingkungan seperti itu, menumbuhkan jiwa empat dan sosial kepada peserta didik. Dilanjutkan dengan permainan games serta penutupan rangkaian kegiatan MPLS yang menyenangkan selama 5 hari ini. 

 

Kembali apel penutupan dilakukan, di Aula Gedung SMK Yadika 13 lantai 4 yang luas dan nyaman. Kami menutup kegiatan ini dengan sukses dan lancar. Terimakasih atas kerjasama semua pihak dan stake holder. Semoga MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tahun 2017-2018 ini menjadi tonggak awal kegiatan ke depan yang lebih baik, menanamkan jiwa hangat pada peserta didik baru dan kedepan menghasilkan siswa-siswi yang lebih bertanggung jawab melaksanakan KBM (Kegiatan Belakar Mengajar) dengan kesadaran bukan keterpaksaan, aamiin yra. 




Posting Komentar

0 Komentar