BERTEMU LAGI RAMADHAN


Setiap Ramadhan akan berakhir, selalu ada kesedihan di ujung waktu. Saat Takbir berkumandang di seluruh jagad raya yang megah nan luas. Pertanyaan sederhana sambil terisak adalah, akankah dipertemukan kembali Ramadhan nanti tahun berikutnya?

Alhamdulillah, hari ini kembali aku dipertemukan. Menjalankan PUASA satu bulan lamanya sebagai wadah candradimuka melebur diri kembali. Setelah 11 bulan mengejar dunia dengan ibadah yang masih tergoda untuk diselewengkan ketepatwaktuannya. Seakan dunia masih menjadi acuan, memalingkan, mengorbankan ibadah menjadi nomor sekian dari perjalanan hidup.

Bahagia melewati tiga episode sepuluh harinya Allah sale. 10 hari pertama penuh RAHMAT (kasih sayangnya), 10 hari kedua penuh MAGHFIROH (ampunan),  dan 10 hari terakhir PENGHINDARAN DIRI dari api neraka. Berusaha meraih malam Lailatul Qadar Nya, barang siapa yang mendapatkannya bagaikan mendapatkan malam penuh ibadah 1000 bulan, subhanallah.

Itu kenapa disarankan untuk beriktikaf disepuluh hari terakhir ketimbang sibuk memanjakan mata dengan barang konsumtif dunia melenakan. Atau memikirkan makanan lebaran apa yang akan memuaskan nafsu setelah berpuasa. Di ujung usia yang semakin mendewasakan, ibadah kini sungguh menjadi pertimbangan. Ibadah harus lebih baik lagi dari tahun ke tahun, sebagai bekal untuk kelak Allah memanggil pulang.

Ya Allah, berikan kesehatan dan kekuatan badan sebulan penuh ini.   Diberi kesempurnaan shaum sampai akhir dan kembali kepada fitrah, serta dipertemukan lagi dengan Ramadhan berikutnya untuk ibadah. Aamiin yra. Doa yang sama juga kusampaikan untuk kerabat, sanak saudara, sahabat, anak didik, keluarga, dan umat Islam seluruh Indonesia, serta di seluruh dunia wabil khusus muslim di GHAZA Palestina.

#Dayone
#RWC2019
#OneDayOnePost

Posting Komentar

39 Komentar

  1. Merasakan ramadhan seolah itu ramadhan terakhir..itu kena banget ,mbak ,dihati saya.apalagi mbak tahu sendiri saya kehilangan ayah tercinta sepekan sebelum ramadhan. Ramadhan tahun lalu adalah ramadhan beliau yang terakhir.
    Beliau sih setiap ramadhan aktif mengisi kultum ataue jadi imam di beberapa masjid. Saya ingat tahun lalu beliau begitu bersemangat menghafal surah surah yang lebih panjang di juz 30. Ah, semangat itu yang harus saya tiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut merasakan mbak kesedihannya hiks, semoga bisa diambil hikmahnya

      Hapus
  2. Aamiin Aamiin Aamiin Ya Rabbal Alamiin. semoga bs saya pun bs mmnfaatkan bulan yg penuh berkah ini. Terima kasih sdh mngingatkan mll tulisan mb. salam kenal ^^

    BalasHapus
  3. aamiin ya allah. Semoga kita semua bisa menuntaskan ramadan dengan maksimal dan mendapat berkah dari Allah.

    BalasHapus
  4. Semoga kita semua dapat menjalani ibadah shaum tahun ini dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aamiin...

    BalasHapus
  5. Semoga diberi kesehatan ya Mbak, agar semua ibadah di bulan ini lancar, Aamiin.
    Selamat puasa, maaf lahir bathin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lahir batin juga mbak Diah, aammiiin yra inshaallah

      Hapus
  6. selamat puasa mba, semoga kita bisa menikmati ibadah puasa ini dan dengannya menjadikan diri kita lebih baik, aamiin

    BalasHapus
  7. Aamiin. Semoga Kita bisa mengoptimalkan ibadah di bulan suci ini. Insyaallah. Selamat menunaikan ibadah saum Miss Juli ��

    BalasHapus
  8. Masyaallah, terima kasih sharingnya Bunda. Iya, nih, biasanya sepuluh hari terakhir sibuk bikin kue, nyelesaikan baju lebaran, dll, duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk beruntung punya jagoan jadi sudah sejak lama baju lebaran nggak jadi prioritas kita

      Hapus
  9. Subhanallah, bersyukur dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini... Masih ingat ceramah ustadz di masjid waktu kecil tentang 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari ketiga... Makasih mba sdh diingatkan kembali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak aammmiin yra inshaallah ya

      Hapus
  10. Amiiin YRA semoga ibadah puasa ramadhan kita semua dilancarkan dan diberkahi Allah SWT

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAmmiin yra inshaallah mbak Irena semoga

      Hapus
  11. Masyaallah berharap mendapatkan lailatul qadar pada bulan ramadhan tahun ini. Semoga juga Allah mudahkan masih bertemu bulan ramadhan di tahun-tahun berikutnya dan semakin baik menjadi seorang muslimah. Aamiin.

    BalasHapus
  12. semoga kita semua mendpatkan Magfirah-Nya. syukur alhamdulillah jika bisa bertemu dengan lailatul qadar-Nya

    BalasHapus
  13. Aamiin ya Robbal 'alamiin.
    Semoga saudara² kita di Palestina, Uyghur, dan daerah yg muslimnya tertindas juga Allah berikan rahmat & kekuatan kpd mereka menjalankan ibadah di bulan penuh berkah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mashaallah bener mbak sedih kalau ingat itu

      Hapus
  14. Iyah ya mba daripada sibuk belanja ini-itu di sepuluh hari terakhit ramadhan, lebih baik kita mengejar malam lailatulqadar dengan keistimewaannya yang luar biasa.

    BalasHapus
  15. Amiin. Makasih remindernya mbak, memang masih banyak memikirkan dunia daripada ibadah astaghfirullah. Mudah-mudahan Ramadhan ini lebih baik dari Ramadhan kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat seusia kita Lebaran tidak lagi prioritas dunia tetapi akhirat ya mbak

      Hapus
  16. Alhamdulillaah wa syukurillaah ya Mbak, kita masih diberi kesempatan bertemu dengan bulan yang penuh kemuliaan dan magfirah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aammiin yra inshaallah semoga selalu diberi kesempatan

      Hapus
  17. Selamat berpiasa di bulan suci Ramadhan, smg puasa kita lancar dan barokah. Aamiin ya robal alamin

    BalasHapus
  18. Semoga Allah selalu memberi kita kesehatan agar bisa terus beribadah dan berpuasa di bulan Ramadan. Buat saya, ternyata perlu usaha keras agar bisa sholat selalu tepat waktu karena masih selalu menunda-nunda. Semoga kita bisa terus memperbaiki kualitas ibadah setiap waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kualitas nomor satu ya mbak untuk ibadah

      Hapus
  19. Alhamdulillah sekali ya mbak bisa bertemu bulan Ramadhan kembali...semoga kita bisa memaksimalkan Ramadhan ini... :)

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan mulia ini ya, Miss. Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah dan ketaatan selama sebulan penuh sehingga benar-benar jadi muslim yg bertakwa. Iya, selipkan doa juga untuk saudara muslim kita yag sedang diuji Di Gaza sana.

    BalasHapus