Tahta Cinta yang Kupertahankan (5)

Cerita sebelumnya: 
https://www.misjuli.com/2019/10/tahta-cinta-yang-kupertahankan-4.html

Intinya papah tidak mengijinkan aku untuk menikah saat ini, dan tidak juga bersama Reza yang berbeda suku dengan kami. Mamah sangat memegang teguh persahabatan nya dengan bude Madiun demikian aku menyebutnya. Menjodohkan anak ke tiganya dengan ku, huft. Aku tak suka dengan perjodohan ini. 

Sejak itu papah dan mamah melarangku pulang dengan Reza. Dan memintaku fokus pada kuliah (pilihan papah, yang ingin salah satu anaknya jago matematika). Begitu juga sebaliknya sudah 3 bulan beliau berdua tak pernah menengokku. Seakan ada gencatan suara antara kami. Maafkan aku ma-pa, aku terlanjur mencintai Reza, ikhlaskan lah kami menempuh jalan halal.

Lalu apa yang kulakukan? Hal yang sama melarang Reza datang ke kost-kostan ku. Menghindari fitnah yang sedemikian kejam. Apalagi, ada kakak kelas yang mengejarku pula. Mas Mulyono namanya, berkali-kali memintaku menerima pertemanannya. Lucu ya, padahal kan sudah berteman, pertemanan yang seperti apa lebihnya? 

Kusibukkan diri dengan mengajar di SMP Al-Irsyad walau sebagai guru Biologi tak apalah. Juga menjadi guru TPA di masjid Al-Ghifari Kampus IPB. Serta mengaji lebih khusyuk pada murobbi perempuan. Sambil konsultasi apa yang harus kami lakukan untuk meluluhkan hati orang tuaku. Beliau menyarankan untuk meminta pada sang Ilahi Robbi yang memiliki daya upaya kekuatan. 

Aku juga menyempatkan diri ke mbakku sulung yang sedang kuliah di Semarang Undip saat itu. Bukan solusi yang kudapat, malah aku dikatakan kegatelan duh malunya saat itu. Hampir teman mbak se kost-an mendengar teriakkan beliau. Aku hanya bisa menangis memberi penjelasan atas nama agama rasanya sulit sekali. 

Sering saat Dhuha, sunnahnya, dan tahajudnya aku berlama-lama mengadu pada-Nya. Meminta jalan keluar keadaan ini. Aku percaya Allah memproses hijrahku dengan tidak serta merta. Pasti berproses, namun aku tak ingin melepaskan Reza dari hatiku. Aku menemukan sosok kakak, sahabat, teman, dan segalanya dalam dirinya. Persahabatan yang terjalin sejakku SD kelas 6 sampai kini umurku 20 bukanlah hal mudah terlewati. 

Aku berusaha menahan, ketika Reza telpon bahwa dia rindu ingin sekali bertemu denganku. Aku bilang bersabarlah pasti ada waktu dan jalannya. Yakinlah. 
"Saya nggak kuat San, ada hal yang ingin diceritakan. Saya kangen bercerita sama kamu sambil makan," bikin sakit sekali hati ini, tapi aku harus kuat. Dia belum muhrimku, pikirku tegas. 

Aku malu juga mengatakan bahwa keadaanku sangat prihatin, menahan lapar karena harus irit biaya makan. Uang beasiswa yang hanya 25 ribu sebulan tak cukup untuk makan dan kebutuhan kuliah. Itu saja sudah kukurangi dengan penghasilan mengajar dan jualan jilbab pinjaman kakak kelas teh Evelin. Biasanya Reza selalu memberikan uang tambahan makan dan pegangan jajan, selain kiriman mamah papah. Kali ini sudah tiga bulan aku berpuasa dan banyak jalan kaki. 

Positifnya, bacaan Alquran ku nambah, hafalan juga begitu. Kuikuti pengajian di belakang kampus utama, belajar kitab gundul. Kitab kuning juga kujamah. Ternyata banyak pelajaran penting dari kyai. Berangkat setelah sholat tahajud 4 pagi jalan kaki sejauh 2 km, awalnya takut, tapi karena ramai banyak yang ngaji pagi, persis kota Santri.  Lalu mengaji setengah jam kami sholat subuh berjamaah di sana. Baru setelah itu ngaji kitab gundul dan kitab kuning. Menenggelamkan hati pada lezatnya mengaji ilmu-Nya. 

Sebuah telpon masuk dari papah, mengabarkan mamah masuk rumah sakit karena sesak napas katanya. Otakku buntu tak mampu berpikir panjang.  Walau terjadi perselisihan seperti ini, mendengar mamah sakit itu rasanya hatiku perih. Beliau yang selama ini selalu tegar dan tangguh mendampingi papah, tumbang dan masuk rumah sakit. Pasti ada sesuatu, pikirku. 

Bersambung ...

Posting Komentar

55 Komentar

  1. Wah dilema amat ya, kasihan dia harus menanggung sendiri beban batinnya, ternyata kakaknya tidak empati sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak kasihan Santi, terimakasih y sudah mampir

      Hapus
  2. Kelanjutannya gimana nih miss ? Ga sabar baca lagi.

    BalasHapus
  3. Miss Juli sukanya nge-cut bagian kayak gini ya, bikin kepo aja, haha. Tapi memang itu salah satu strategi penulis biar pembacanya gak sabar menunggu lanjutannya kan.

    BalasHapus
  4. Wah, ada apa dengan mamah? Semoga tidak terjadi apa-apa ya? Nunggu lanjutan kisanya miss... bikin penasaran aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw terimakasih mbakkuh mangga terimakasih sudah mampir

      Hapus
  5. daku dibuat penasaran dengan cerita selanjutnya haha. meski belum baca yang sebelumnya, tapi ku sedikit paham nih. sok tau haha. ditunggu lanjutannya ya bun.

    BalasHapus
  6. Wah, udah Part 5 aja. Sepertinya saya harus bergerak mundur dulu nih, Mis, biar nggak kehilangan benang merahnya. Soalnya kalau benang hitam atau putih kurang seru, hihihihi ...

    Udah lama nih baru baca fiksinya Mis Juli lagi.

    BalasHapus
  7. 25 rb sebulan, Miss? Gmn aturnya? Btw, mamah kenapa? Duh bikin kepo aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak sebulan 25 rb dibayar per dua bulan coba hiks

      Hapus
  8. Hiii kok berhenti, lagi asyik-asyiknya membaca. Bikin penasaran saja ah.
    Ok lah kalau begitu, nanti disambung juga komentarnya, hihihi

    BalasHapus
  9. Nyesek sih. Tapi mau bagaimana lagi jika belum mendapat restu orang tua? Iye kan.

    Lagi pula, dia sudah menempuh jalan yang bener. menenggelamkan diri di lautan ilmu.

    Ah, kalau Yuni mah nggak akan tahan buat cerita begini. Hehehe

    BalasHapus
  10. Wah, menarik sekali ceritanya. Pas aku belum baca part sebelumnya. Hihi. Tapi tampaknya seruuu. Lanjuut Mbak. Kritik sedikit, jangan gunakan "dan" di awal kalimat ya.

    BalasHapus
  11. Bikin penasaran... Agak bingung sih karena bacanya mulai dari sini. Harusnya mundur dulu beberapa langkah biar bisa tahu cerita selengkapnya dan tinggal menunggu endingnya...

    BalasHapus
  12. Wah miss Juli ngefiksi lagi ni... Keren keren keren... Gak sabar nunggu ending ya hehehe.. lanjutkaaan!

    BalasHapus
  13. Duuh, Mbaak! Cerita lagi seru-serunya kok malah bersambung? Pembaca kecewaaa!! wkkwkwk
    Penasaran dengan kelanjutannya. Ada apa dengan mamah yang sakit?

    BalasHapus
  14. Cerbung Misjuli bikin penasaran nih...lgi seruuuwww....hihi, ditggu part berikutnya ya...

    BalasHapus
  15. Wah Miss jago ikh nulisnya. Baca ini jadi kayak lagi baca novel aku. Tapi jadi penasaran aku, apakah ini cerita nyata atau sebuah cerita yang sengaja di buat ya? Wah kuduk ngecek ke tulisan sebelumnua ini ya

    BalasHapus
  16. Membaca ini membuatku kembali teringat masa-masa berjuang memperoleh restu ibu saat hendak menikah dulu. Rasanya sedih sekali ketika cinta yang menurut kita terbaik tapi tidak direstui orangtua. Nyesek banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, walau ternyata tidak satupun atas kehendak Allah. Pasti itu seijin Allah terjadi

      Hapus
  17. Keren Mba, sangat inspiratif. Saya suka tokohnya berusaha menjaga hati dan yakin kalau sudah jodoh tidak akan kemana ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak sudah mampir aammiin saya berusaha nulis terbaik lagi

      Hapus
  18. Aaaaa pas baca ini pas lg nahan lapar juga karena puasa. Bedanya nggak lg ngerasain uang beasiswa 25rb perbulan. Hhhh
    Duh mamah sakit apa yaa. Jd penasaran nunggu cerita selanjutnya :D

    BalasHapus
  19. Saya suka saya suka. Sepertinya saya harus mundur ke part-part sebelumnya biar tahu bagaimana cerita sebelumnya 👍😊

    BalasHapus
  20. Wah kok kayak kisah nyata ya Bu, apa ini kisah jaman masih muda dulu hehe, mengharukan kisah cinta yg butuh perjuangan :)

    BalasHapus
  21. saya langsung berimaginasi tahun berapa ya beasiswa 25 ribu sebulan heheh padahal hanya cerita ya ka, btw udah serius bacanya ampe bawah tetiba langsung ada tulisan bersambung hehhehe, ambyar imaginasi cerita saya, ditunggu kaka cantik sambungannya

    BalasHapus
  22. Kasihan banget kalau harus nahan rindu, kata Dilan itu berat banget, kan, Mbak? hihi. Gimana nih lanjutannya, ada apa dan gimana keadaan ibunya? Hiks. Kenapa nggak dikelarin sekalian ceritanya, Mbak..bikin penasaran :(

    BalasHapus
  23. sengsara itu kalau orang terdekat tak bisa mendukung pilihan kita. dengan berbagai alasan. sedih... :-(

    BalasHapus
  24. Usia 20 tahun sudah jatuh cinta ya..kalau saya jatuh cinta usia 21tahun dan langsung nikah.. wkwkw... Seru ceritanya, minggu depan lanjut lagi ya Mbak... ini kayak kenal kampusnya dan murobbiahnya...hehe

    BalasHapus
  25. Dilema hati. Berbagai macam cara Setan memengaruhi manusia. Yang harus diingat, jangan dekati zina. Bahkan mendekatinya saja dilarang. Apa lagi melakukannya. Lebih baik menjauh.

    BalasHapus
  26. adudud belum direstui sama mas reza, sabar dulu neng ntar kalo dah waktunya pasti dilamar kok. jodoh nggak akan ketuker sama milik teman

    BalasHapus
  27. akhwaat menuntut ilmu jangan sampai keluar rumah sendirian di jam-jam rawan yaa. banyak mudharatnya. semoga segera punya pasangan halal ya jadi kalau keluar rumah di jam bahaya ada mahramnya :)

    BalasHapus
  28. Waah... Bikin penasaran. Kayaknya harus baca dr part awal nih. Kapan lanjutannya, Mbak?

    BalasHapus
  29. MisJuli aku penisirin heuu.. Trus gmn dengan mama juga Reza. Eeh..

    BalasHapus
  30. Wah, jadi penasaran banget nih Mba.

    BalasHapus
  31. Wah udah bagian ke-5 ajaaaa, mau baca ah dari yang pertama mbaaa. Nice story mbaaa, terus menulis seperti iniiii, menggugah rasa bangetttt

    BalasHapus
  32. Kok jadi macam flashback ke jaman kuliah ya.. Dulu, saya juga gini. Makannya irit betul. Sehari cukup 2x. Kalau lagi puasa lebih melas lagi, sehari sekali.

    BalasHapus
  33. Urusan hati memang rumit yah
    Terus berharap Allah menjaga hati kita agar terhindar dari cinta yang tak diridaiNya

    BalasHapus
  34. Cerbung yang menarik. Semoga lancar untuk penulisan selanjutnya hingga tamat dan jadi buku, aamiin 🙏

    BalasHapus
  35. Kayaknya kudu baca dari part 1 biar enggak penasaran sama awal kisahnya. Menarik, sih, ceritanya jadi pengen tahu kelanjutannya. Past dia dilema banget, deh

    BalasHapus
  36. Waduh, pas bacanya gak berasa udah to be continued aja hehee. Alur ceritanya menarik mba, sekaligus bikin penasaran. Bahkan, sampai menebak-nebak, endingnya nanti bakal gimana ya. Jangan-jangan ada plot twist nih hehe

    BalasHapus
  37. aku gasabar buat menunggu kelanjutan ceirtanya mba, alur yg disajikan begitu menarik mba, gasadar udah d penghujung cerita aja, nice!

    BalasHapus
  38. Jika ingin bercerita tentang masalah kita kepada orang lain memang harus selektif. Bukannya solusi didapat, malah umpatan meledak.. Keluarga terdekat belum tentu mengerti apa yang kita pikirkan

    BalasHapus