Ramadan Bersama Autopaghy, Mau?


Hari biasa puasa sunah apapun terkadang berat sendirian, dan penuh godaan. Alhamdulillah di sekolah kini makan-makan tinggal satu kali, itupun kadang dibagi hari diluar senin atau kamis. Jujur mis Juli beraat sekali kemarin-kemarin buat berpuasa senin kamis, selain acara makan bersama, juga sejak menikahkan sulung disusul bungsu adaa saja acara makan, belum kalau ada pesanan kue atau makanan. Makanya ketika timbangan lebih berat ke kanan baru terasa jelang Ramadan ini. 

Kalau Ramadan kan enak puasanya bareng. Kalau ada yang lagi libur juga nggak ketahuan banget dan pastinya ngumpet-ngumpet bukan? Alhamdulillah, Ijin itu akhirnya didapat dari paksu agar Ramadan ini bisa mis Juli pakai buat mendetoks tubuh kembali, mengolaborasikan Intermittent fasting (IF) adalah pengaturan pola makan dengan cara berpuasa, yaitu menggunakan jeda waktu untuk bisa mengonsumsi makanan. Kalau ngikutin Jepang namanya Autopaghy yang ditemukan oleh Yoshinori Ohsumi yang mendapatkan nobel. 

Ketika tubuh berpuasa 12 jam lebih dan kelaparan maka dia akan memenuhi rasa laparnya dengan memakan lemak jenuh kita atau sel-sel tubuh yang rusak dan kemudian membuangnya bersama kotoran. Istilahnya detoks, ingin tubuh lebih sehat saat Ramadan nggak bisa dipungkiri. Soal pengen tuyun BB itu mah bonus, ... Utamanya sehat, puasa dan ibadah lancar nggak pake drakor ya ukhtiee. Jangan ditembak diet ngapa ... he he suka baperan kalau dibilang puasa apa diet? Sambil senyum mis bilang dua-duanyaa githuu. 

Eh sudah enak nih mis Juli sejak hari pertama bisa IF sampai hari ke 6 tiba-tiba empat hari suruh nemenin buka puasa di sekolah perwalian, alamak rusak neh jadwal dan program, wkwkwk. Gorengan pasti, minuman manis apalagiii, heu, capek-capek adaptasi mis Juli kadang sahur hanya minum air hangat setengah panas, udah enakkan badan sedikiit. Eh rusak lagi rugii dong.😭 Ada yang gitu nggak bestiee, nanya dong Mis Juli ...

#day7 
#sehatsaatramadan 
#tantanganmenulisramadan 
#nurulamanahpublishing 
#misjuli

Posting Komentar

0 Komentar